MUI Banjarnegara Studi Banding Ke Jakarta Islamic Center

by -51 views

BANJARNEGARA – Seiring rencana didirikannya Islamic Centre di Kabupeten Banjarnegara, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Banjarnegara melakukan studi banding dan penelitian terkait pembangunan serta manajemen pengelolaan Jakarta Islamic  Centre (JIC).

Rombongan diterima sekretaris Pusat Pengkajian dan Pengembangan Islam Jakarta Utara, Ahmad Juhandi, di Ruang Audio Visual JIC, Senin (1/7/2019).

Selama di Jakarta , perwakilan pengurus MUI Banjarnegara yang diketuai Pujo Hardiyansah, beserta Anggota DPRD, PC Nahdadul Ulama ( NU), Muhammdiyah,  PC, Serikat Islam (SI), BAZNAS dan DPU PR Kabupaten Banjarnegara, berkesempatan bertemu dengan pengelola JIC. 

Pengelola JIC, Ahmad Juhandi menjelaskan, pusat pengkajian dan Pengembangan Islam Jakarta Islamic Center adalah organisasi non struktural di bawah Pemda Provinsi DKI Jakarta yang berdiri di eks lokasi resosialisasi Keramat Tunggak Tanjung Priuk, Jakarta Utara.

“Pada tahun 70-an, Keramat Tunggak terkenal sebagai lokalisasi terbesar di Asia Tenggara dengan jumlah WTS lebih dari 2.000 orang. Pada 31 Desember 1999, resmi ditutup Gubenur Sutiyoso dan Masjid JIC mulai dibangun,” katanya.

Menurutnya, kehadiran JIC merubah tanah hitam menjadi tanah putih ddan berhasil menampilkan citra baru yang memancarkan nilai-nilai keimanan dan ketakwaaan yang menyejukan naruni.

Ketua Tim Studi Banding,  Pujo Hardiyansah mengatakan, dari kunjungan tersebut dapat diketahui adanya potensi berbagai persoalan. Mulai dari persolan aset, aspek kelembagaan, hingga operasional pengelolaan setelahnya.

“Kendala pasti ada, tapi dengan kesiapan yang matang di awal harapannya berbagai potensi persoalan bisa diminimalisir,” katanya.

Dia berharap, dalam satu atau dua tahun mendatang Islamic Center Banjarnegara bisa terwujud secara fisik maupun kelembagaan.

“Pemerintah daerah dan segenap masyarakat dan ormas di Banjarnegara, secara penuh mendukung rencana ini,” ujarnya.

Artikel dikutip dari satelitpost.com
https://satelitpost.com/regional/mui-banjarnegara-studi-banding-ke-jakarta-islamic-center

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *