Momen HUT ke-73 Bhayangkara, 26 Personel Polres Magelang Kota Naik Pangkat

by -164 views

MAGELANG – Di momen HUT ke-73 Bhayangkara tahun 2019, Kapolres Magelang Kota, memimpin jalannya upacara korps raport kenaikan pangkat Bintara Polri periode 1 Juli dan ASN Polri periode 1 April 2019 di halaman Mako 1, Senin (1/7/2019).

Sebanyak 26 personel Polres Magelang Kota menerima kenaikan pangkat Bintara Polri. Termasuk kenaikan pangkat kepada 9 aparatus sipil negara (ASN), sekaligus melepas 8 personel yang telah purna tugas.

Turut hadir dalam acara tersebut Wakapolres Magelang Kota, Kompol Khamami dan segenap Kapolsek beserta jajaran.

Kapolres Magelang Kota, AKBP Idham Mahdi mengatakan, mereka yang naik pangkat selanjutnya mengikuti tradisi diguyur dengan air berisi kembang oleh Kapolres dan diikuti pejabat lainnya. Dengan diguyur air kembang ini, maka sah mereka menyandang pangkat yang baru yang setingkat lebih tinggi dari sebelumnya.

“Di momen Hari Bhayangkara memang selalu ada anggota yang naik pangkat. Kita apresiasi mereka dengan cara diguyur dengan air berisi kembang ini. Selain menyegarkan, juga dapat memberi semangat baru kepada mereka,” ujar Idham usai upacara.

Dia menuturkan, kenaikan pangkat yang setingkat lebih tinggi dari sebelumnya ini, diharap bisa memotivasi para anggota dalam melaksanakan tugasnya. Juga semakin bertanggung jawab dan selalu menjaga profesionalisme.

“Ini juga dapat memotivasi anggota lain yang belum naik pangkat agar bekerja lebih giat lagi dan bertanggung jawab, sehingga pada saatnya nanti naik pangkat,” katanya.

Sebanyak 26 personel yang naik pangkat terdiri dari 1 personel naik dari Aipda ke Aiptu. Kemudian 9 personel naik pangkat dari Bripka ke Aipda, 14 personel dari Briptu ke Bripka, dan 2 personel berpangkat Briptu.
                
Sementara 9 ASN yang naik pangkat, terdiri dari 1 personel berpangkat Penata, 3 personel berpangkat Pengtu, 4 personel berpangkat Pengdatu, dan 1 personel berpangkat Juru Tingkat 1. Adapun 8 anggota yang purna tugas, terdiri dari 3 personel masing-masing berpangkat AKP, Iptu, dan Ipda.

Selanjutnya 5 personel berpangkat Aiptu dan 1 personel berpangkat Brigadir. Mereka yang purna tugas tidak mengikuti tradisi diguyur air kembang, tapi diarak keliling Kota Sejuta Bunga dengan menaiki mobil berwujud kapal.

Idham menegaskan, kenaikan pangkat pada dasarnya wujud penghargaan pimpinan pada anggota atas prestasi kerja, dedikasi, dan jerih payah yang telah dilakukan selama ini. Sehingga, dinyatakan layak untuk dinaikkan pangkatnya.

“Bagi yang naik pangkat patut bersyukur. Pangkat yang diperoleh ini membawa konsekuensi tuntutan pelaksanaan tugas dan tanggung jawab yang lebih besar, terutama sebagai pelindung, pengayom, dan pelayan masyarakat serta penegak hukum yang senantiasa menjunjung tinggi HAM dan supremasi hukum,” paparnya.

Artikel dikutip dari suaramerdeka.com Penulis Asef Amani https://www.suaramerdeka.com/news/baca/187510/26-personel-polres-magelang-kota-naik-pangkat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *