Kodim 0707 Wonosobo Programkan Pembangunan Jalan Dalam TMMD Sengkuyung II

by -32 views

WONOSOBOZONE – Menjelang pelaksanaan program Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) Sengkuyung tahap II, Kodim 0707 Wonosobo meninjau lokasi guna melihat kesiapan dilapangan. Kodim dan beberapa instansi terkait serta didampingi kepala Desa meninjau lokasi TMMD, Kamis (27/6) lalu. Untuk Kodim 0707/Wonosobo pelaksanaan TMMD Sengkuyung akan berlokasi di Desa Kalialang Kecamatan Kalibawang. 

Dandim 0707/Wonosobo, Letkol Czi Fauzan Fadli menyampaikan bahwa pada pelaksanaan TMMD ini akan membangun jalan yang menghubungkan Desa Kalialang Kecamatan Kalibawang menghubungkan Desa Celedok Kecamatan Kaliwiro.

Ini merupakan jalan penghubung antar 2 kecamatan, sehingga keberadaanya sangatlah membantu masyarakat sekitar,” katanya.

Dandim juga menambahkan, adapun program yang akan dilaksanakan adalah membuat dan pengerasan jalan sepanjang 450 meter, badan jalan 5 meter dan yang dikeraskan 3 meter.

Selain pembuatan jalan juga membuat jamban sejumlah 100, pengecoran saluran air, senderan, gorong – gorong serta pembuatan MCK sebanyak 2 buah,” imbuhnya.

Hal sama juga diungkapkan oleh Kapten Czi M Sukriyadi selaku Danramil Sapuran dan Kalibawang mengatakan, disamping pembangunan fisik juga dilaksanakan pembangunan non fisik seperti penyuluhan bela negara, penyuluhan kesehatan, kamtibmas, narkoba, pelayanan kependudukan, perpustakaan keliling dan kegiatan lainnya.

Sehingga harapannya adalah selain membangun fisik berupa jalan, juga non fisik yang tidak kalah pentingnya. Sehingga diharapkan terjadi keseimbangan dalam masyarakat antara pembangunan fisik dan non fisik,“. terangnya.

Sementara itu Sarwono, Kepala Desa Kalialang menyampaikan bahwa warga di sini merasa sangat senang dengan adanya program TMMD yang diselenggarakan oleh anggota TNI dari Kodim Wonosobo, sehingga masyarakat nantinya bisa lancar untuk melintas di jalan ini.

Memang sebelumnya sudah ada jalan yang menghubungkan antara kedua desa. Namun masih berupa jalan setapak sehingga kurang lancar jika dijadikan sebagai sarana transportasi,” ujarnya.

Menurut Sarwono, jalan ini fungsinya sangat vital. Selain sebagai sarana transportasi, juga sebagai penunjang kelancaran warga dalam mengangkut hasil kebun yang mayoritas berada di lokasi tersebut.

Kami warga di sini sudah lama mengharapkan adanya sarana transportasi yang sangat layak.  Karena semua warga di sini membutuhkannya.  Alhamdulillah semua saat ini bisa terwujud,” katanya.

Ia juga menyatakan, bahwa warga Desa Kalialang maupun Desa Celedok senantiasa akan mendukung anggota Kodim baik secara fisik, mental dan spritual guna kelancaran program TMMD.

“Terimakasih kepada bapak-bapak TNI, jalan yang kami idamkan dan kami harapkan hampir segera terwujud”, pungkasnya. (W)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *