Tiket Pagelaran Dieng Culture Festival 2019 Sudah Terjual 80 Persen

by -4 views

BANJARNEGARA  – Satu bulan menjelang pagelaran agenda wisata tahunan, Tiket terusan Dieng Culture Festival (DCF) 2019 hampir habis.  Sampai pada Minggu (30/6/2019) sudah 80 persen tiket terjual.

Di perkirakan pada akhir pekan ini tiket peserta rangkaian perhelatan akbar yang dipusatkan di kompleks Candi Arjuna, Dieng Kulon, Batur, Banjarnegara, itu bakal habis terjual.

Koordinator Lapangan DCF 2019, Khoerul Anam mengatakan, sebelumnya panitia hanya menjual 4.000 tiket terusan. Namun, lantaran animo yang tinggi, panitia memutuskan untuk menambah jumlah tiket menjadi 4.500 lembar. 

“Festival Dieng,  karena di pegunungan, jadi terbatas. Kita hanya menjual tiket  sejumlah itu karena mempertimbangkan tempatnya,”  ujarnya, Senin (1/7/2019).

Dia menambahkan,  meskipun angka kunjungan DCF 2018 mencapai 160 ribu orang, panitia tetap membatasi jumlah pemegang tiket terusan. Jumlah maksimel tiket yang disediakan  cuma  untuk 4.500 orang. Sebab, panitia tidak memiliki venueyang cukup besar  yang mampu menampung ratusan ribu orang.

“Kita tidak memiliki venue sebesar itu (160 ribu orang). Itu kan data kunjungan. Tapi untuk data Dieng Culture Festival yang membeli suvenir dari kami. Jadi, kita hanya menjual 4.000 sampai 4.500 tiket tahun ini,” katanya.

Selain soal venue, pertimbangan pembatasan  jumlah  pengunjung adalah soal demi keamanan  artefak candi. Dengan jumlah  yang melebihi kapasitas venue, dikhawatirkan pengunjung lepas kontrol  dan mengakibatkan kerusakan artefak candi.

“Acara tempat ritual atau acara puncak pemotongan rambut gembel Dieng itu kan di candi, jadi kita menjaga-lah,” katanya.

DCF 2019 bakal  berlangsung  tiga hari pada 2-4 Austus 2019. Pemegang tiket terusan  berhak untuk mengikuti seluruh rangkaian DCF 2019. Adapun pengunjung biasa, hanya menyaksikan di luar venue yang dipisahkan dengan pagar pembatas.

Selain ritual pemotongan rambut gembel, DCF 2019 bakal menyuguhkan agenda yang sudah menjadi ikon  wisata tahunan ini, yakni “Jass Atas Awan”. Ada pula beragam agenda menarik yang lain, di antaranya, Java Coffee Festival, Sky Lantern Festival (pesta lampion), sarasehan budaya, dan Festival Artistik. .

Panitia mematok harga tiket terusan tahun ini  Rp 360 ribu per tiket. Pemegang tiket terusan  memperoleh tas, kaus, ID festival, tiket semua acara, caping gunung, kain jarit, lampion dan suvenir.

Artikel dikutip dari Gatra.com Reporter: Ridlo Susanto 
https://www.gatra.com/detail/news/425484/lifestyle/tiket-dieng-culture-festival-2019-terjual-80-persen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *