Jaga Stabilitas Stok Darah, RSI Wonosobo Gelar Donor Darah Rutin

by -71 views

WONOSOBOZONE – Dalam rangka menjaga stabilitas serta memenuhi ketersediaan kebutuhan stok kantong darah, Rumah Sakit Islam (RSI) Wonosobo kembali menggelar kegiatan donor darah rutin. Kegiatan tersebut sudah menjadi agenda rutin setiap tiga bulan sekali yang disasarkan kepada karyawan RSI Wonosobo untuk mengikuti donor darah.

Kepala Instalasi Laboratorium RSI Wonosobo Dr Irwan Ronal Simamora M.Kes, Sp. PK. mengatakan, seringnya stok darah di PMI yang kosong, menjadi latar belakang RSI Wonosobo untuk berinisiatif menggelar kegiatan donor darah yang sudah rutin diadakan sejak satu tahun yang lalu.

Seringnya stok darah yang kosong ataupun kekurangan, terutama untuk golongan-golongan tertentu, membuat para pasien yang membutuhkan darah harus mencari keluar kota, ke Banjarnegara, Magelang, Bahkan Jogja,” katanya, saat ditemui Wonosobozone, Selasa (2/7/2019).

Untuk sasaranya, Dr Irwan menjelaskan, para karyawan yang bekerja di RSU diwajibkan untuk mengikuti donor darah yang sudah berjalan untuk yang ke lima kalinya ini.

Tapi tidak menutup kemungkinan bagi orang dari luar untuk ikut mendonorkan darahnya, karena dari pihak keluarga karyawan sendiri juga ikut berpartisipasi,” ujarnya.

Dr Irwan juga menargetkan, untuk kegiatan donor darah ini setidaknya mampu memperoleh 30 hingga 40 kantong darah pada setiap kegiatan.

Kebutuhan kantong darah di tiga Rumah Sakit besar di Wonosobo, yakni RSU, RSI, dan RS PKU Muhammadiyah, kurang lebih mencapai 500 kantong setiap bulannya. sehingga untuk memenuhi kebutuhan tersebut, diperlukan partisipasi semua pihak, terutama Masyarakat secara luas untuk mencukupi stok darah,” pungkasnya.

Sedangkan Direktur RSI Wonosobo Dr Sudibjo Yuwono berharap, dengan adanya kegiatan donor darah secara rutin yang digelar oleh RSI Wonosobo, pihaknya mampu meringankan masyarakat terutama dalam pemenuhan stok darah.

Mudah-mudahan kegiatan ini bisa terus dilaksanakan, sehingga stok kebutuhan darah terus tersedia untuk membantu meringankan masyarakat yang membutuhkan,” tuturnya. (W)

Reporter : Ilham Ardha (Wonosobozone)

Penulis : Wahyu Tri A (Wonosobozone)

Sejumlah karyawan RSI Wonosobo sedang mengikuti kegiatan donor darah rutin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *