20 Anggota PGRI Banjarnegara Ikuti Uji Kompetensi

by -8 views

BANJARNEGARA – Lembaga Sertifikasi Profesi Penulis dan Editor Profesional (LSP PEP) bekerja sama dengan Lembaga Publikasi Ilmiah dan Penerbitan (LPIP) Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) mengadakan kegiatan Uji Kompetensi atau Sertifikasi Penulis Buku Nonfiksi dan Editor, Sabtu (29/6/2019).

Sebanyak 20 guru anggota Asosiasi Profesi Keahlian Sejenis (APKS) Persatuan Guru Republik Indonesia Kabupaten Banjarnegara mengikuti kegiatan tersebut.

Ketua APKS PGRI Banjarnegara Imam Tejo Marwoto mengatakan, kegiatan ini dilakukan untuk membekali anggotanya agar memiliki sertifikat penulis dan juga editor buku profesional.

“Kita punya mimpi, ke depan APKS PGRI Banjarnegara akan memiliki penerbitan buku sendiri. Kita ingin agar produk buku nantinya berkualitas, sehingga kita menyiapkan para penulis dan editor yang tersertifikasi,” katanya.

Dalam Uji Kompetensi ini, para peserta diharuskan menjalani pemeriksaan dokumen, wawancara, tes tertulis dan juga unjuk kerja. Selama seharian penuh mereka mengikuti ujian dipandu para assesor dari Jakarta.

Dedi Mawardi yang merupakan assesor LSP PEP mengatakan, kebutuhan penulis dan editor profesional tersertifikasi di masa depan sangat tinggi. Karenanya, ia mengapresiasi PGRI Banjarnegara yang mengirimkan guru-gurunya untuk mengikuti kegiatan ini.

“Jika memiliki sertifikat penulis dan editor profesional, maka akan diakui secara internasional. Itu akan sangat membantu, apa lagi bagi guru,” katanya.

Dedi berharap, dengan sertifikasi ini, para guru dapat lebih bersemangat dan produktif dalam menulis buku. Semoga semua peserta lulus, dan nantinya dapat menghasilkan buku-buku berkualitas.

Artikel dikutip dari satelitpost.com
https://satelitpost.com/regional/banjarnegara/20-anggota-pgri-ikuti-uji-kompetensi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *