Baznas Banjarnegara Masuk Nominasi 10 Besar Baznas Jateng Award 2019

by -41 views

BANJARNEGARA – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Banjarnegara masuk nominasi 10 besar dari 35 Kabupaten/Kota se Jawa Tengah dalam kegiatan Baznas Jateng Award 2019. Berkaitan dengan itu, Baznas Provinsi Jawa Tengah bersama tim penilai mengunjungi Baznas Banjarnegara untuk melakukan verfikasi, Kamis (27/6/2019).

Sebelum melakukan verifikasi di lapangan, rombongan Baznas Jateng dan tim penilai melakukan audiensi dengan Wakil Bupati Banjarnegara beserta Ketua Baznas Banjarnegara di Kantor Bupati Kabupaten Banjarnegara.

Wakil Ketua Baznas Jawa Tengah, Rosihan mengatakan, Baznas dari 35 kabupaten/kota sudah memberi laporan dan data yang kemudian terpilih 10 nominasi untuk mengikuti Baznas Award Jateng 2019. Kedatangan tim penilai kali ini adalah untuk mendapatkan informasi dan melakukan cek lapangan dari hasil laporan tersebut.

“Kami ingin mengevaluasi Baznas Kabupaten Banjarnegara apakah sesuai dengan laporan yang telah kami terima. Kami juga ingin mengetahui apakah zakat dikelola, dihimpun serta ditasyarufkan secara baik dan benar,” jelasnya.

Rosihan menambahkan, peran Kepala Daerah dalam mendukung kemajuan Baznas sangat diharapkan. Potensi zakat nasional per tahun bisa mencapai lebih dari 270 triliyun rupiah. Jika hal tersebut dapat diefektifkan, potensi besar tersebut bisa membantu masyarakat, seperti untuk rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dan meringankan beban bagi korban terdampak bencana.

“Potensi zakat sangat besar. Bahkan UPZ jateng sudah menghimpun dana zakat sebanyak 4 milyar rupiah lebih per bulannya,” ujarnya

Wakil Bupati Banjarnegara, Syamsudin mengatakan, kamu menyambut baik kedatangan Baznas Provinsi Jawa Tengah dan Tim Penilai. Masuknya Baznas Banjarnegara dalam 10 besar nominasi Baznas Jateng Award 2019 merupakan suatu kebanggaan. Namun dia tetap menargetkan posisi tiga besar sebagai capaian yang diharapkan.

“Peran Baznas sangat strategis dan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam penanggulangan kemiskinan di Banjarnegara,” imbuhnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *