Kelompok Usaha Bersama (KUB) Jamur Cakrawala dikukuhkan

by -10 views

WONOSOBOZONE – Setelah melalui proses yang cukup panjang dan berbagai dinamika, akhirnya Kelompok Usaha Bersama (KUB) Jamur Cakrawala dikukuhkan di salah satu kediaman pengurusnya di dusun Kunci Bojasari kecamatan Kertek, Rabu (26/6).
.
Menurut perwakilan koordinator penyuluh Cabang dinas kehutanan wil 7, Suparman, terbentuknya KUB di bidang budidaya jamur bisa menjadi wadah positif bagi para pelaku usaha mulai dari pembibit atau pembuat baglog, petani, hingga distributor untuk membangun jejaring yang kuat di lokal Wonosobo.
.
Harapan kami dengan adanya KUB ini nantinya ada keseragaman harga jamur dari tingkat petani. Selain itu juga tata niaga yang lebih menguntungkan masyarakat. Mengingat praktik para pengepul yang selama ini dari luar kota mengambil jamur Wonosobo lalu dijual kembali ke pasar Wonosobo juga masih ada,” ungkapnya usai kegiatan.
.
Selain mengapresiasi niat baik para petani dan pelaku usaha yang tergabung di KUB yang kini beranggotakan sedikitnya 50 orang, pihaknya juga berharap ada kesinambungan antara KUB dengan dinas terkait. Mengingat ranah dari pembuatan baglog sangat erat dengan hasil hutan bukan kayu.
.
Sementara itu menurut Ahmad Hanafi selaku pembudidaya baglog dan petani jamur asal kecamatan Kaliwiro, produsen jamur selama ini punya masalah utama hanya bisa buat  baglog belum sampai bibit atau minimal F3-nya.
.
Pengukuhan pengurus KUB jamur cakrawala kabupaten Wonosobo ini diwakili semua perwakilan kecamatan. Sekarang 50 anggota para petani dan pembudidaya dari semua kecamatan. Sampai tengkulak pun dimasukkan ke kepengurusan. Kami merasa prihatin juga karena dulu ada  pabrik besar sekarang justeru banyak ambil dari kabupaten lain,” ungkapnya kemarin.
.
Kini KUB yang memiliki secretariat di Bumen Bumirejo kecamatan Mojotengah itu juga mulai berjejaring dengan berbagai daerah penghasil jamur di karesidenan kedu. Bahkan salah satu pembicara dalam talkshow usai pelantikan pengurus berasal dari Temanggung.
.
Lewat KUB ini, harapannya bisa kuatkan dan hasil budidaya bisa masuk KUB dan pengepul luar kota harus lewat pintu KUB ini. Dan semoga bisa dijual dengan harga yang bersaing dan jadi komoditas lokal yang bisa dibanggakan,” pungkasnya. (W)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *