PAC Ansor Wonosobo Gelar Diklatsar Banser Di Kampung Singkir

by -37 views

WONOSOBOZONE – Sebanyak 150 peserta mengikuti Pendidikan dan Pelatihan Dasar (Diklatsar) Barisan Ansor Serbaguna (Banser NU) yang diadakan oleh Pimpinan Anak Cabang (PAC) GP Ansor Wonosobo. Animo kaum muda Nahdliyin untuk mengikuti kegiatan tersebut terbilang cukup tinggi. Kegiatan Yang mengusung tema ‘Naluri Ksatria Jiwa Sang Pemuda Untuk Benteng Ulama dan Nusantara’ tersebut tengah berlangsung selama lima hari mulai tanggal 21 – 25 Juni 2019 di Kampung Singkir Kelurahan Jaraksari.

Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) GP Ansor Kecamatan Wonosobo Akhmad Istiwak mengatakan, kegiatan diadakanya PKD dan Diklatsar Banser bertujuan untuk mengadakan pengkaderan Nahdatul Ulama (NU) yang militan, serta nantinya bisa diandalkan untuk berjuang didalam tubuh NU.

Ada dua jenis kegiatan yaitu Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD) dan Diklatsar. kalo PKD Ini pendidikan yang nantinya akan bergerak dibidang organisasi GP Ansor, sedangkan untuk diklatsar diperuntukan untuk anggota yang akan menjadi Banser,” katanya.

Gus Istiwak juga menjelaskan, didalam PKD dan Diklatsar para peserta dibekali dengan berbagai macam kegiatan, baik ilmu pengetahuan tentang NU maupun ditempa dengan latihan fisik.

Peserta ditempa dengan berbagai bentuk pelatihan fisik dan mental, seperti kemampuan bela diri, ilmu tenaga dalam, ke-NUan, ke-Indonesiaan, bela negara, peraturan baris berbaris, kelalulintasan, dan kedaruratan bencana,” ungkapnya.

Lebih lanjut, harapan kedepan dengan diadakan kegiatan semacam ini mampu menumbuhkan kader-kader NU yang dapat menjadi benteng NKRI maupun benteng para Ulama NU.

Harapanya kedepan kader-kader yang selesai mengikuti PKD maupun diklatsar Banser, bisa menjadi kader NU yang nantinya bisa diandalkan,” pungkasnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Ketua GP Ansor ranting Singkir, Muhammad Irhamurrohman, dirinya mengucapkan terima kasih kepada PAC Ansor Wonosobo yang telah memberi kepercayaan kepada GP Ansor Singkir untuk menjadi tuan rumah penyelenggara kegiatan. Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada segenap masyarakat Singkir yang telah berkenan untuk membantu terlaksananya kegiatan tersebut.

Trimakasih tentunya atas kepercayaan yang diberikan kepada kami, dan tentunya juga beribu-ribu terimakasih kepada segenap masyarakat Singkir yang telah berkenan membantu kelancaran kegiatan kami,” tandasnya.

Sementara itu Adi, salah satu peserta diklatsar mengaku, keinginanya mengikuti diklatsar Banser kali ini didasari dengan niat ingin menambah wawasan serta pemahaman lebih dalam tentang NU.

Sedangkan upacara penutupan akan digelar dilapangan sepak bola Singkir pada Selasa (25/6/2019) pagi. Direncakan akan dihadiri oleh PC GP Ansor Kab Wonosobo ,Satkorcab Banser, dan Kasat Korcab Banser Kabupaten Wonosobo. (W)

Penulis : Wahyu Tri Atmojo (WonosoboZone)

Peserta PKD sedang mendapatkan pembekalan materi tentang NU
Peserta diklat sedang digembleng latihan fisik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *