Gunung Prau Melarang Pendaki Bawa Botol Plastik Sekali Pakai

by -12 views

WONOSOBOZONE – Pesona keindahan Gunung Prau nanpaknya menjadi gunung favorit bagi sejumlah pendaki untuk mencoba menaklukan gunung yang Memiliki ketinggian yang mencapai 2.590 MDPL tersebut. Gunung Prau termasuk salah satu gunung yang selalu ramai dipadati pendaki.

Hal tersebut tentunya menimbulkan sejumlah dampak positif maupun negatifnya. Salah satu dampak negatif dari banyaknya pendaki yang naik kepuncak gunung prau, membuat gunung tersebut tercemar karena sampah plastik yang sering ditemukan dan dibawa para pendaki.

Dalam mengantisipasi serta mengurai sampah plastik, Gunung Prau melarang penggunaan botol plastik sekali pakai. Dilasir dari akun instagram @basecamp_prau_dieng, Selasa (25/6/2019), mulai Sabtu (22/6/2019) para pendaki Gunung Prau diwajibkan untuk tidak membawa botol plastik sekali pakai.

Basecamp Prau via Dieng telah menyediakan tempat air berupa jerigen yang bisa disewa para pendaki, sebagai sokusi sebuah langkah dalam mengurai sejumlah sampah plastik yang ada dipuncak gunung prau.

Bagi para pendaki cukup dengan membayar Rp 10.000 untuk sewa satu jerigen yang berisi lima liter air. setelah turun dari pendakian, para pendaki bisa mengembalikan jerigen dan uang akan dikembalikan Rp 8.000 kepada pendaki yang menyewa jerigen tersebut. (W)

Penulisan : Wahyu Tri Atmojo (WonosoboZone)

Sejumlah jerigen telah disiapkan bagi para pendaki gunung prau

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *