Tahap PPDB Dimulai, Ratusan Siswa di Magelang Berbondong-bondong Daftar ke Sekolah

by -22 views

MAGELANG – Ratusan calon siswa dan mengantre untuk mengumpulkan berkas dan melakukan verifikasi di SMK Negeri 1 Magelang, Senin(17/6/2019).

Mereka datang bersama orangtuanya dari berbagai wilayah, Kota ataupun Kabupaten Magelang. Ada juga yang luar kota.

Ketua Panitia PPDB SMK Negeri 1 Magelang, Adung Nakanta, mengatakan, PPDB tahun 2019/2020 ini memang berbeda dari PPDB tahun ajaran sebelumnya.

Para calon siswa melakukan verifikasi dulu, baru kemudian dapat mendaftar secara online. Untuk jenjang SMK sendiri tidak dilakukan zonasi, melainkan dengan sistem nilai Ujian Nasional dan prestasi.

“PPDB tahun ajaran ini memang erbeda dengan tahun sebelumnya. Adapun untuk tahun ini, PPDB online mandiri, sedangkan pada tahun lalu online biasa. Kemudian untuk pendaftaran tingkat SMK tidak ada zonasi. Nanti penerimaannya berdasarkan dari SKHUN dan prestasi, itu murni,” ujar Adung.

Verifikasi berkas untuk memeriksa SKHUN, KK, sertifikat prestasi, surat dokter yang menunjukkan calon siswa tidak buta warna dan memiliki mata normal dengan minus tak lebih dari dua, dan plus kurang dari dua.

“Kami periksa SKHUN siswa, KK, serfikat prestasi kalau ada. Terus ada persyaratan yang siswa harus tak buta warna, dan tak boleh minus kurang dari dua, atau plus lebih dari dua,” kata Adung.

Usai verifikasi berkas, para calon siswa melakukan verifikasi online. Data siswa akan diperiksa melalui nama atau nomor induknya di sistem.

Nanti akan muncul secara lengkap detail siswa, untuk dicocokkan dengan berkas yang telah dikumpulkan.

Kepala SMK Negeri 1 Magelang, Drs Nisandi, mengatakan, verifikasi (online/berkas) ini akan dilakukan pada tanggal 17 Juni 2019 hingga 28 Juni 2019 mendatang.

Setelah verifikasi, para calon siswa akan mendapatkan token. Token itu untuk dipakai mendaftar secara online pada tanggal 1-5 Juli 2019 mendatang.

“Kami sudah memulai tahap verifikasi. Usai verifikasi, mereka para calon siswa ini akan mendapat token buat mendaftar sekolah secara online nanti,” kata Nisandi.

Nisandi sendiri mengatakan, tahun ajaran 2019/2020 ini, SMK Negeri 1 Magelang menerima siswa sebanyak 640 siswa, yang terdiri dari 20 kelas, setiap kelas berisi 32 siswa.

Artikel dikutip dari Tribunjogja.com Penulis Rendika
https://jogja.tribunnews.com/2019/06/17/tahap-ppdb-dimulai-ratusan-siswa-di-magelang-berbondong-bondong-daftar-ke-sekolah?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *