Sebanyak 190 Orang Jamaah Calon Haji Gema Arofah Diberangkatkan Ketanah Suci

by -99 views

WONOSOBOZONE – Kegiatan silaturahmi dan pelepasan calon haji, sudah menjadi agenda setiap tahun yang dilakukan oleh bimbingan calon jamaah haji gema arofah Kabupaten Wonosobo. acara yang dihadiri ratusan calon jamaah haji tersebut berlangsung di Gedung Sasana Adipura, Minggu (16/6/2019).

Ketua KBIH Gema Arofah Kabupaten Wonosobo H. Teguh Ridwan menyampaikan, jamaah haji putra-putri tahun 2019 ini sejumlah 190 calon jamaah haji. Teguh Ridwan juga berpesan agar calon jamaah haji berpegang teguh pada bimbingan manasik yang telah diajarkan oleh para pembimbing manasik KBIH

Selain itu Teguh juga meminta agar jamaah haji selalu menjaga diri, terutama pada kondisi badan, agar saat menunaikan ibadah haji selalu dalam kondisi sehat serta menjaga kekompakan para jamaah dan para pembimbingnya.

Hal yang sama juga disampaikan oleh staf ahli Bupati Musafak, MSi, Musafak yang hadir mewakili Bupati menyampaikan, bahwa calon jamaah haji sebelum berangkat utuk bersilaturohmi dan saling maaf memaafkan sehingga secara moral akan meringankan beban calon jamaah pada saat melakukan ibadahnya di tanah suci.

Lebih lanjut Musafak juga berpesan, agar pada saat menjalankan ibadah haji ditanah suci, para jamaah dihimbau pada saat disana agar lebih tertib dan menjaga nama baik daerah maupun bangsa dan negara. disamping itu juga menyampaikan terima kasih kepada KBIH Gema arofah dan KBIH- KBHI lainnya yang telah memberikan bimbingan degan baik kepada calon jamaah haji, karena hal ini tidak mungkin dilakukan semuanya oleh pemerintah, pungkasnya.

Sementara hikmah jamaah haji disampaikan oleh Drs. H. Jumari selaku Ketua PDM Magelang, dalam tausiyahnya Jumari menyampaikan, ada tujuh jalan yang dilalui untuk menjadikan haji mabrur, yang pertama ikhlas, kedua ilmu manasik haji, yang ketiga menghindari maksiat, ke empat menghayati prosesi manasik haji, kelima mempunyai teman perjalanan yang sholeh/sholikhah, ke enam mampu menjaga lisan dan suka tolong menolong orang lain yang membutuhkan, ketujuh berjiwa kecintaan terhadap kwalitas dan aktifitas hidup dengan sesama, tutupnya.

Sementara kata pamitan yang disampaikan oleh wakil para jamaah Akhmad Ridho, menyampaikan terimakasih kepada segenap pengurus KBIH Gema Arogan dan panitia silaturahmi dan pelepasan calon haji serta mohon doanya agar perjalanan haji diberikan kemudahan, kelacaran bisa melaksanakan rukun, wajib dan sunat sunat nya haji dengan baik , kalau ada kesalahan mohon maaf, bisa selamat kembali ke tanah air dengan predikat hji yang mabrur maupun hajah yang mamburuallah. (W)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *