Jelang Lebaran, Pemkab Pastikan Harga Sembako di Banjarnegara Stabil

by -23 views

BANJARNEGARA – Jelang Hari raya Idul Fitri, Pemerintah Kabupaten Banjarnegara melalui Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM menegaskan bahwa harga sembilan bahan pokok dan daging sapi masih stabil.

Kepala Dinas Indagkop UMKM Banjarnegara, Jio Setawan mengatakan, selain harga stabil, pasokan barang juga dinyatakan cukup.

“Setiap hari, kami melakukan survei harga pasar dan ketersediaan bahan pangan di Banjarnegara. hasil pantauan hingga saat ini masih stabil, termasuk tidak ada lonjakan harga pada kebutuhan pokok yang ada di Banjarnegara,” katanya.

Dia menambahkan, dalam sepekan ini, di Banjarnegara nyaris tidak terjadi kenaikan harga sembako. Kalaupun ada kenaikan, itu tidak terlalu signifikan seperti pada harga ayam potong yang sebelumnya Rp 32.500 menjadi Rp 33.000. Sedangkan penurunan harga justru terjadi untuk komoditas bawang putih yang sebelumnya menembus angka Rp 50 ribu, kini sudah Rp 40 ribu per kilogram.

Sementara itu, Kabid Perdagangan Haryanto Agus mengatakan, selain memantau harga kebutuhan tim dari Indagkop UMKM ini juga melakukan pantauan stok kebutuhan pangan di Banjarnegara

“Yang jelas untuk stok aman, kita juga terus melakukan koordinasi dengan berbagai pihak untuk menjaga stok kebutuhan pangan selama Ramadan dan Lebaran mendatang,” katanya.

Selain itu, jika nantinya terjadi kekosongan pasokan, maka akan segera dilakukan suplai dari luar daerah sesuai dengan kesepakatan dan koordinasi lintas wilayah. Dengan pola ini, maka selain ketersediaan bahan pangan, harga juga akan lebih stabil.

“Dari pantauan di pasar kota Banjarnegara, harga daging sapi dan daging ayam relatif stabil. Harga daging sapi di pasar induk Banjarnegara tidak mengalami kenaikan atau juga turun. Harga daging sapi lokal ini masih tetap Rp 120 ribu per kilogram,” tutur Haryanto.

Kondisi serupa juga terjadi untuk ayam potong dan ayam kampung, harga daging ayam ras saat ini Rp 33.000, sementara harga ayam kampung Rp 45.000 per kilogram.

“Tidak ada kenaikan yang berarti, bahkan cenderung stabil. Namun kami akan tetap melakukan pantauan harga hingga Lebaran mendatang,” ujarnya.

Sumber: https://satelitpost.com/regional/banjarnegara/jelang-lebaran-harga-sembako-di-banjarnegara-stabil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *