AMBIL SEMPEL TAKJIL, DINKES LAKUKAN UJI LAYAK KONSUMSI DI PUJASERA

by -19 views


WONOSOBOZONE – Inspeksi mendadak dilakukan oleh Dinas Kesehatan bersama dengan jajaran OPD Kabupaten Wonosobo guna mengambil sempel makanan serta melakukan uji layak konsumsi makanan dan minuman di beberapa lokasi Pusat Jajanan Selama Ramadhan (Pujasera) Selasa, 14 Mei 2019.

Kegiatan tersebut akan berlangsung selama 2 hari dan akan dilakukan di 3 tempat berbeda yaitu Pujaresa Sudagaran, komplek Masjid Al-Manshur Kauman dan Kertek. Kegiatan tahunan tersebut dilakukan untuk memastikan jajanan Ramadhan yang dijual aman untuk dikonsumsi masyarakat.

Sutriatmoko selaku Kasi Kefarmasian Makanan Minuman dan Alat Kesehatan Bidang Pelayanan dan Sumber Daya Kesehatan Dinkes Wonosobo, mengatakan, pada hari pertama diambil 16 sample makanan dari 2 tempat berbeda, yakni Pujasera Sudagaran dan komplek Masjid Al-Manshur Kauman.

Setelah dilakukan uji laboratorium terhadap jajanan yang dijadikan sample, tidak ditemukan adanya zat berbahaya dan dinyatakan aman. selama beberapa tahun, pihaknya belum pernah menemukan zat berbahaya dalam jananan yang dijual kepada masyarakat saat bulan Ramadhan,” beber Sutriatmo.

 
Lebih lanjut Sutriatmoko Juga menjelaskan, uji makanan dilakukan untuk melihat apakah terdapat zat-zat berbahaya seperti borax, rodhamin dan pengawet makanan. dan Apabila ditemukan adanya makanan yang tidak layak konsumsi, akan dilakukan pembinaan terhadap pedagang serta produsen pembuat produk tersebut.

Sutriatmoko berharap dengan adanya kegiatan tersebut masyarakat dapat mengkonsumsi makanan yang sehat dan dapat terlindung dari konsumsi barang yang berbahaya. Selain itu produsen makanan juga sadar untuk menjaga keamanan dari produk yang dihasilkan, pungkas Sutriatmo. (W)

Sumber: pesona fm wonosobo https://www.instagram.com/p/Bxf5PpflMCl/?igshid=41d1hhrn0cxd

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *