HARGA SEMBAKO DI PASAR TRADISIONAL MASIH STABIL PADA AWAL RAMADHAN

by -26 views

WONOSOBOZONE – Harga beberapa bahan kebutuhan pokok atau Sembako di Pasar Induk Wonosobo masih cenderung setabil di awal Ramadhan 1440 Hijriah. KaBid Perdagangan Dinas Perdagangan Koperasi dan UMKM Kabupaten Wonosobo, Agung Raharjo Catur Prabowo menjelaskan, beberapa bahan pokok mengalami kenaikan yang wajar menjelang Ramadhan seiring dengan naiknya permintaan masyarakat dan sebagian komoditas pangan tersebut harganya mulai turun perlahan. Namun ada beberapa komoditas pangan yang harganya justru naik, seperti bawang putih yang mengalami kenaikan harga signifikan, dan naiknya komoditas bumbu dapur tersebut tidak hanya terjadi di Wonosobo namun sejumlah daerah juga mengalaminya karena pasokan ke pasar tradisional berkurang.


Agung menyebutkan, harga kebutuhan pokok di Pasar Induk Wonosobo per 3 Mei 2019, terpantau dari 8 komoditas bahan pokok ada beberapa yang mengalami kenaikan, antara lain gula pasir dari 11 ribu naik menjadi 13 ribu rupiah, kentang dari 10 naik menjadi 12 ribu rupiah, cabe rawit merah dari 22 naik menjadi 24, sampai telur ayam ras dan bawang pun mengalami kenaikan.

Selain kenaikan harga, di Pasar Induk Wonosobo juga terdapat beberapa kebutuhan pokok yang mengalami penurunan, seperti tomat, cabai rawit hijau dan bawang merah. (WTA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *