Dua Rumah Milik Warga Desa Kembaran Kalikajar Hangus Terbakar

by -165 views

WONOSOBOZONE – Sekitar pukul 20.45 Wib Dua rumah penduduk di Dusun Wonokriyo RT 01 RW 09 Desa Kembaran, Kecamatan Kalikajar, Wonosobo hangus terbakar, Senin (6/5). Dua rumah yang dilalap si jago merah itu antara lain milik Suhamdi alias Bunadi (61) yang kondisinya rusak berat karena atap habis beserta isi rumah. Satu keluarga dengan lima jiwa terpaksa mengungsi.

Sementara itu, terdapat satu rumah terdampak yakni milik Nurohkim (36) kondisi rumah rusak ringan pada bagian atap. Beruntung peristiwa kebakaran tersebut tidak menimbulkan korban jiwa maupun korban luka. Namun, aparat kepolisian mencatat kerugian atas kebakaran tersebut mencapai Rp 150 juta.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, kebakaran diduga akibat masih ada bara api ditungku yang menyala.
Kapolsek Kalikajar Iptu Budhi Rustanto dalam laporannya menyebutkan, kronologis kejadian pada Senin (6/5) sekitar pukul 17.00, Painem (53) isteri korban sudah selesai masak dengan kayu bakar dan api sudah dimatikan. Selanjutnya usai menjalankan ibadah shalat tarawih sekitar pukul 20.30, istri korban berkunjung ke rumah anaknya, sedangkan korban istirahat di kamar.
Namun, alangkah terkejutnya korban mendengar suara letupan kayu yang terbakar hingga terbangun. Ditambah ada suara kerumunan orang berusaha memadamkan api. Sontak korban keluar dari rumahnya. Ternyata rumahnya sudah terbakar di bagian kandang sapi yang berhimpitan dengan dapur. Lalu dibantu warga korban berusaha menyelamatkan jiwa, harta benda dan hewan peliharaannya.


Berdasarkan keterangan saksi Nurokhim, pada pukul 20.45, setelah pulang menjalankan ibadah sholat tarawih, namun tiba-tiba melihat bagian atas rumah atau ruangan sudah terbakar dan pemilik rumah segera meminta bantuan warga untuk memadamkan api yang selanjutnya segera menghubungi Kantor Damkar dan Kantor BPBD. Laporan juga disampaikan kepada Polsek dan Koramil Kalikajar.


Api berhasil dipadamkan kurang lebih dua jam oleh warga, Polsek, Koramil, Dishub, Damkar, BPBD, PMI, relawan dengan alat seadanya, karena lokasi berada di-gang sempit sehingga menyulitkan mobil Damkar menjangkau lokasi. Kerugian surat penting antara lain, ijazah, KTP, kartu keluarga dan dokumen penting lainya. Sebab kebakaran api diduga berasal dari api sisa tungku kayu bakar dalam dapur rumah korban yang ditinggal berkunjung ke rumah anaknya. (WTA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *