PP Muhammadiyah Resmikan Masjid Manarul Ilmi Kampus UM Magelang

by -8 views

MAGELANG – Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir didampingi Rektor UM Magelang Eko Muh Widodo, meresmikan bangunan Masjid Manarul Ilmidi Kampus 2 Universitas Muhammadiyah Magelang (UM Magelang) di Mertoyudan Magelang, Sabtu (04/05/2019).

Haedar Nashir usai peresmian dan peninjauan bangunan masjid berharap seluruh masjid di Indonesia harus menjadi ajang pembinaan ketakwaan, nilai-nilai hablumminallah dan hablumminannas ditumbuhkan. Dari masjid itu juga dibina nilai-nilai ilmu atau keilmuan, tetapi ilmu yang amaliah, yang nanti juga memancarkan kemajuan.

“Diharapkan dari masjid ini juga ada ikhtiar untuk semakin membuat umat dan bangsa ini bersatu, termasuk dalam politik kebangsaan. Agar kita bisa membangun,” katanya.

Dia juga menyampaikan pentingnya membangun karakter dari kampus dan masjid di tengah kehidupan bermedia sosial, dimana semuanya serba mudah dan instan yang dalam tempo sepersekian detik informasi langsung dapat menyebar. Dalam tradisi Islam, masjid mempunyai fungsi yang fundamental.

“Dengan lokasi yang strategis dan masjid yang indah ini, insya Allah, UM Magelang bisa menjadi uswatun hasanah, menjadi central of excellent sekaligus juga membangun generasi ulil albab bagi masa depan umat dan bangsa, di tengah budaya baru yaitu budaya media sosial,” jelasnya.

Sementara itu Rektor UM Magelang Eko Muh Widodo mengatakan acara peresmian masjid ini sengaja dirangkaikan dengan kegiatan peresmian RDK 1440 H atau 2019 M karena akan dimulai 1 Ramadan 1440 H pada Senin (06/05/2019) mndatang. Peletakan batu pertama pembangunan masjid ini dilakukan 30 Desember 2017 lalu oleh Sekretaris Umum PP Muhammadiyah.

“Pembangunan masjid ini semula direncanakan 2 lantai, namun dengan berbagai pertimbangan akhirnya masjid dibangun 3 lantai. Lantai pertama ini untuk beberapa perkantoran, termasuk Penerimaan Mahasiswa Baru, sedang masjid berada di lantai 2 dan 3,” katanya.

Proses pembangunan semula 2 tahun dengan peresmian direncanakan di akhir Tahun 2019. Dengan berbagai perkembangan dalam pelaksanaan pembangunannya, rencananya dimajukan dan pembangunan masjid harus selesai sebelum Puasa Ramadan 1440 H. 

Penulis Ivan Aditya
Sumber: https://krjogja.com/web/news/read/98458/Haedar_Nashir_Resmikan_Masjid_Manarul_Ilmi_Kampus_UMM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *