Desa Wilayu Resmikan Wisata Tubing

by -48 views

WONOSOBOZONE – Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Rancangsari Desa Wilayu Kecamatan Selomerto Kab. Wonosobo melaunching wisata Tubing pada Minggu (5/5/2019). Hal tersebut ditandai bersama dengan perayaan ‘Padusan’ yang dikemas dalam Festival Tubing Padusan dan Jajanan Tradisional Desa Wilayu. Saat meresmikan Wisata Tubing, Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kan. Wonosobo, Sutriatmo menyebut perkenalan wisata Tubing merupakan salah satu upaya untuk menggenjot periwisata di Wonosobo wilayah Selatan. Karena menurutnya, selama ini pariwisata di Wonosobo masih terpusat di wilayah utara. “Selama ini yang paling dikenal dari Wonosobo adalah Dieng yang berada di wilayah Utara. Padahal di wilayah lain di Wonosobo juga punya banyak potensi, seperti di wilayah Barat dan Selatan ada wisata minat khusus seperti tubing,” ungkapnya.

Selain itu, Sutriatmo mengaku pihaknya juga akan turut mensupport Pokdarwis beserta Desa lain yang memiliki potensi wisata agar dapat membuat betah wisatawan berlama-lama di Wonosobo. 
Sementara itu, Ketua Pokdarwis Rancangsari Wilayu Toyib Nasrulloh mengatakan, tak hanya wisata Tubing yang bisa ia sajikan di desa Wilayu, melainkan wisata kuliner dan berbagai varian durian. Karena menurut Toyib, selama ini Wilayu menjadi sentra Durian yang cukup banyak di kenal di kancah Kabupaten. “Festival ini baru pertama kali kami selenggarakan, dan rencananya akan kami jadikan agenda rutin tahunan. Adapun peserta yang terlibat dalam kegiatan ini lebih dari 100 orang se-Kab. Wonosobo,” bebernya yang juga menjabat sebagai ketua panitia. Tak hanya warga lokal, bahkan Toyib menyebut puluhan atlet dari Solo dan Temanggung turut meramaikan acara ini.

Sedangkan paket wisata Tubing yang telah di sajikan diantaranya paket rute long seharga 60 ribu rupiah per orang include makan dan snack. Serta rute medium untuk pelajar maupun umum seharga 20 ribu rupiah include snack. (Ard)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *