KEMBANGKAN BAKAT SISWA BIDANG PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, HMPS PAI UNSIQ SELENGGARAKAN LOMBA MASPSI SE-JATENG

by -38 views

WONOSOBOZONE –  Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam (HMPS PAI) UNSIQ Wonosobo, mengadakan Lomba Mata Pelajaran PAI dan Seni Islam (MAPSI) tingkat SLTA Sederajat Se-Jawa Tengah yang dilaksanakan di kampus FITK UNSIQ, Sabtu (27/4/2019).

Lomba MAPSI tahun 2019 diikuti sebanyak 20 sekolah SMA/SMK/MA Se-Jateng dengan empat cabang yang dilombakan yaitu Tilawah, Debat, Pidato dan Kaligrafi.

MAPSI merupakan kegiatan rutin yang diadakan setiap tahunnya. Hanya saja yang membedakan MAPSI dengan tahun-tahun sebelumnya yaitu cakupannya sampai tingkat provinsi. Walaupun dengan kendala penyebaran surat pemberitahuan MAPSI ke sekolah-sekolah seJateng  belum maksimal.

Ketua Panitia Khoirun Nisa Almumtahanan mengatakan, tujuan diselengarakanya Lomba MAPSI se-Jawa Tengah adalah
untuk menggembangakan, atau menjebatani bakat yang dimiliki siswa khusunya dalam bidang mata pelajaran islam.

“Sesuai tema, Membangun Sinergi Menuju Pelajar Aktif Kreatif dan Qur’ani. diharapkan Lomba Mapsi bisa meningkatkan pengalaman peserta didik pada Al Quran, membentuk aklaqul karimah dan budi peserta pada peserta didik,” kata ketua Panitia.

Dia menambahkan, empat cabang lomba digelar satu hari dengan jumlah peserta sebanyak 99  siswa putra dan putri SMK/SMA/MA baik negeri dan swasta se-Jawa Tengah.

“Tentu saja harapan saya kedepannya, semoga kegiatan MAPSI di tahun berikutnya menjadi lebih baik lagi dari tahun ini, dan lebih maju serta berkembang. Jika tahun lalu cakupan MAPSI nya se-Kabupaten dan tahun sekarang se-Provinsi, maka semoga selanjutnya lebih besar lagi atau bahkan nasional” ucap Khoirun Nisa.

Ketua HMPS PAI, Syarif Muhammad N.R mengungkapkan rasa bangga karena HMPS PAI mampu menjadi penyelenggara lomba.

“Harapannya, lomba Mapsi sebagai salah satu cara untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan siswa. Peserta lomba merupakan generasi penerus bangsa,” imbuhnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *