Jembatan Banagara Mantrianom Ambruk Bupati Minta Pengusaha Tambang Ikut Bertanggung Jawab

by -50 views

Banjarnegara – Jembatan antar kecamatan di Desa Mantrianom Kecamatan Bawang, Banjarnegaraambruk. Jembatan yang merupakan jalur menuju objek wisata Tampomas ini ambruk diduga karena kerap dilalui kendaraan bermuatan berat.

Jembatan Banagara di Jalan Mantrianom Kecamatan Bawang amblas sekitar pukul 10.00 WIB, Kamis (4/4/2019). Beruntung, jembatan dengan konstruksi gorong-gorong besar itu runtuh saat jalanan sepi, sehingga tidak ada korban jiwa.

Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono bersama Sekretaris Daerah, Wakapolres, Kepala Dinas Perhubungan, BPBD, Camat dan Muspika Kecamatan Bawang langsung menuju lokasi bencana.

Bupati Banjarnegara, Budhi Sarwono melakukan koordinasi singkat di lokasi. Beberapa saat kemudian alat berat tiba untuk meratakan longsoran. Bupati juga merencanakan akan membangun jembatan kecil yang bisa dilalui kendaraan kecil.

“Untuk penanganan permanen tentunya membutuhkan waktu, jadi kami rencanakan akan membuat jembatan kecil dulu yang bisa dilalui warga dan kendaraan kecil,” lanjutnya.

Bupati menerangkan, lebar jalan yang amblas sudah diukur 10 meter, sedang panjang jembatan sekitar 15 meter. Di bawahnya mengalir sungai yang cukup deras. Lokasi tersebut, merupakan salah satu titik yang dulu akan diportal, karena sering dilalui kendaraan over tonase.

“Sejak tahun 2018 saya sudah memerintahkan dinas terkait untuk memasang portal salah satunya di sini untuk membatasi truk tronton dan kendaraan besar roda sepuluh atau lebih yang melebihi kapasitas untuk jalan ini,” kata Budhi di lokasi bencana.

Dirinya juga menyayangkan sikap para pengusaha tambang yang tidak mau mendengakan himbauannya. Menurut bupati, kebijakan portal yang direncanakan tersebut untuk menjaga jalan dan bersama-sama menjaga keselamatan dan ketentraman warga.

“Tapi portal belum sempat dipasang jalan ini keburu ambles. Lepas dari ini sebagai musibah dari Allah, tentu saja sebagai manusia kita wajib ikhtiar. Kami sudah mengkaji kekuatan jalan di jalur ini, sehingga kami simpulkan harus diportal ” pungkasnya.

Artikel dikutip dari @kabupatenbanjarnegara, link https://www.instagram.com/p/Bv1HJvbp_W6/?utm_source=ig_share_sheet&igshid=s7hcb6thhskh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *