GAME ONLINE DAPAT AKIBATKAN ANAK TERLAMBAT BISA BICARA

by -56 views

MAGELANG – Seiring perkembangan zaman media permainan anak berubah, pada era serba digital game online menjadi mainan yang sangat digemari semua pihak termasuk anak-anak.

Psikiater RSJ Soerojo Magelang, dr Santi Yuliani SpKj mengatakan, game online dapat mengakibatkan kecanduan bagi penggunanya. Dampak negatif lain pada anak, keterlambatan bicara.

“Game online dapat juga mengganggu proses sensorik dan motorik,” katanya, Sabtu (30/3/2019), dalam Seminar Nasional Kesehatan dengan tema “Management Game Addiction pada Anak”yang diselenggarakan Fikes UM Magelang.

Dia menuturkan,  banyak kasus kecelakaan yang disebabkan bermain atau ngecek handphone. Untuk mengatasi kecanduan game online secara mandiri, menurut Dr Sri Hartini, dosen Departemen Keperawatan Maternitas & Anak UGM Yogyakarta, antara lain terapi komplementer, terapi konseling, terapi keluarga, dukungan sosial.

“Pentingnya dukungan dari keluarga untuk selalu mengajak anak-anak pada kegiatan yang positif,”kata dia.

Dosen Fakultas Ilmu Kesehatan (Fikes) UM Magelang,  Dwi Sulistyono MKep mengatakan, game tidak hanya berdampak negative, tetapi juga berdampak positif. 
Game mengajarkan teamwork dan strategi. Tetapi dampak negatifnya juga sangat banyak. Antara lain hilangnya tanggung jawab dan menghilangkan seseorang dari kehidupan nyatanya.

“Komunikasi yang baik dengan anak adalah kunci untuk mencegah kecanduan game pada anak,” katanya. 

Menurut Rektor Universitas Muhammadiyah (UM) Magelang, Ir Eko Muh Widodo MT, banyak orang tua tidak memahami pentingnya stimulasi dini pada perkembangan anak usia prasekolah. 

Orang tua sengaja memberikan dan membiarkan anak-anaknya bermain gadget di usia 3-6 tahun, yang seharusnya pada usia tersebut belum layak menggunakan gadget. 

“Hal tersebut dilakukan dengan alasan agar anak duduk tenang dan tidak rewel. Apabila dibiarkan terus menerus dapat menyebabkan kecanduan dan gejala Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD),” katanya.

Ia mengingatkan, akibat kecanduan game online anak-anak sampai lupa waktu. “Kita tidak perlu menyalahkan gamenya,  tapi bagaimana memberi pemahaman pada anak untuk memanfaatkan gadget sesuai dengan fungsinya,” pesannya.        

Artikel dikutip dari suaramerdeka.com Penulis Tuhu Prihantoro, link
https://www.suaramerdeka.com/news/baca/178492/game-online-akibatkan-anak-terlambat-bisa-bicara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *