Memperingati Earth Hour, Hotel Atria dan Masyarakat Bersih-Bersih Sungai Manggis

by -24 views

MAGELANG – Dalam rangka memperingati Eart Hour tahun 2019, karyawan Atria Hotel Magelang dan sejumlah elemen masyarakat bersama-sama melaksanakan aksi Resik-resik Kali Manggis, Sabtu (30/3/2019).

Sungai atau kali menjadi salah satu area publik yang harus mendapat perhatian khusus dalam hal kebersihan baik dari sampah mau pun kualitas airnya. Sungai yang kotor dan banyak sampah bukan tidak mungkin dapat menyebabkan munculnya berbagai macam penyakit bagi masyarakat sekitarnya.

Director of Sales Marketing Hotel Atria Magelang, Nike Ariestya mengatakan sungai menjadi salah satu area publik yang harus mendapat perhatian khusus. Utamanya di wilayah Kampung Tidar Baru, Kelurahan Magersari yang berdekatan dengan lokasi hotel.

“Aksi ini kami lakukan sebagai bentuk kepedulian pada kebersihan sungai. Sekaligus momen memperingati Earth Hour (60+) yang tiap tahun jatuh pada 30 Maret,” ujarnya di sela aksi.

Dia menuturkan, dalam aksi bertajuk Resik-resik Kali Manggis ini, pihaknya menggandeng beberapa instansi pemerintahan, Komunitas Kali Bersih Magelang, dan masyarakat. Tak kurang dari 200-an peserta turut dalam aksi yang juga diwarnai Atria Photo Contest dengan mengundang puluhan fotografer untuk mengabadikan momen aksi ini beserta dua orang model.

“Aksi ini salah satu upaya menciptakan Kota Magelang yang bersih, sehat, dan nyaman. Dengan menciptakan lingkungan yang bersih, diharapkan dapat mengantisipasi banjir, penyakit yang berbahaya, baik masyarakat juga karyawan Atria sendiri. Terlebih lingkungkan bersih dapat dikembangkan menjadi daya tarik bagi wisatawan,” katanya.

Ada pun pihak yang turut dalam aksi tersebut adalah karyawan Hotel Atria Magelang, Dinas Lingkungan Hidup Kota Magelang, Balai PSDA Magelang, Pos Ramil 24 Magelang Selatan, Polsek Magelang Selatan, Satpol PP Kota Magelang, Komunitas Kali Bersih, New Tidar Comunication, dan warga Kampung Tidar Baru.

Assistant Public Relation Manager Hotel Atria Magelang, Dian Indri Cahyani menambahkan, Atria Photo Contest memang sengaja dihadirkan agar semangat resik-resik kali ini dapat menjadi viral di masyarakat. Dengan demikian, kesadaran masyarakat menjaga kebersihan lingkungan semakin meningkat.

“Kegiatan peringatan Earth Hour sendiri kita lanjutkan hingga malam hari. Atria bergabung dalam pemadaman lampu selama satu jam yang dilakukan serentak di seluruh dunia. Peringatan ini diikuti oleh segenap karyawan dan para tamu mulai pukul 20.30-21.30 WIB. Dengan peringatan ini, kami ingin mengajak para tamu untuk hemat energi meskipun hanya satu jam,” jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris DLH Kota Magelang, Otros Trianto, mengaku menyambut baik aksi ini. Ia pun mengimbau agar warga sadar akan pentingnya kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah ke sungai. Adanya aksi ini dapat membantu pihaknya dalam melakukan sosialisasi dan merangkul warga untuk menjaga kebersihan lingkungan.

“Diucapkan terima kasih kepada Hotel Atria Magelang yang telah menginisiasi kegiatan ini. Semoga aksi ini dapat menginspirasi pelaku wisata mau korporasi yang lain,” ungkapnya.

Artikel dikutip dari suaramerdeka.com Penulis Asef Amani, link
https://www.suaramerdeka.com/news/baca/178428/earth-hour-hotel-atria-dan-masyarakat-resik-resik-kali-manggis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *