SUMUR GAS ALAM MANGKRAK, RENCANA AKAN DIKELOLA BUMDES

by -24 views

BANJARNEGARA – Semburan api dari gas alam yang mangkrak rencananya akan dikelola oleh BUMDES Desa Bantar Kecamatan Wanayasa Kabupaten Banjarnegara.

Dikutip dari liputan6.com Rencananya, Pemerintah Desa Bantar akan membangun dan mengelola sumur gas ini melaui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Dengan Begitu, pengelolaannya lebih baik dan mengurangi potensi kembali mangkraknya sumber gas alam ini.

Kepala Desa Bantar, Eko Purwanto mengatakan Keberadaan gas alam di lahan bengkok desa itu sebetulnya sudah diketahui lama oleh warga. Menurutnya sekitar 30 tahunan lalu saat masih remaja ia sudah melihat fenomena tersebut.

Namun, pemanfaatan gas alam untuk mencukupi kebutuhan bahan bakar dapur warga tiba-tiba berhenti. Kemungkinan perawatan yang kurang maksimal yang menyebabkan sumur dan instalasinya tak lagi bisa berfungsi.

Menimbang hal ini, kini warga Bantar kembali melirik potensi gas alam yang sudah terbengkalai puluhan tahun. Alasannya, tentu agar biaya untuk kebutuhan gas keluarga bisa dihemat.

“Kami berharap pemerintah dapat membantu pengembangan gas alam itu, mulai dari penelitian kandungan gas hingga pembangunan instalasi pendukung,” ucapnya.

Pemanfaatan secara terbatas ini sebenarnya memang sering dilakukan oleh peternak di sekitar lokasi sumur menjadi sumber bahan bakar pemanas untuk day old chiken (DOC). Selanjutnya sebagai uji coba pemanfaatan gas, pemdes berencana menyalurkan gas alam ini ke balaidesa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *