KOPI TEMANGGUNG IKUT PAMERAN DI JAKARTA

by -23 views

TEMANGGUNG – Kelompok Usaha Bersama GTT dan PTT Kecamatan Kledung “Seduluran Mulyo Temanggung” bekerjasama dengan Smart Coffe House yang berkantor di Apartemen Gateway Jl Ciledug Raya dan Jl. Dharmawangsa 1 no. 18 Jakarta Selatan (Jaksel) mendapat kesempatan untuk mengenalkan kopi-kopi dari Temanggung pada event Coffe Festival di Seasons City Jakarta yang berlangsung selama tiga hari 30 November sampai 2 Desember 2018.

Denny Wicaksono perwakilan dari Seduluran Mulyo Temanggung mengatakan pihaknya membawa produk kopi dari berbagai daerah di Temanggung seperti jenis kopi robusta dari kecamatan Gesing, kecamatan Kandangan, kecamatan Jumo, kecamatan Rowoseneng, kecamatan Gemawang dan kecamatan Tretep. Daerah-daerah itu merupakan daerah dataran rendah di wilayah Temanggung.

Sementara untuk jenis kopi arabika Denny menyebut dibawa dari kecamatan Kledung karena memang daerah tersebut termasuk wilayah dataran tinggi yang cocok untuk budidaya kopi berjenis Arabika. “Temanggung memang masih didominasi kopi robusta, jadi yang kita bawa saat ini kebanyakan kopi jenis itu,” tutur Denny.

Semua kopi yang dibawa itu dikatakan Denny merupakan kopi dengan berbagai jenis proses pengolahan yakni proses fulwash, peoses natural, proses wine dan proses honey. Lebih lanjut Ia menuturkan, keikutsertaannya dalam event ini bermula saat dirinya dikenalkan seorang teman dengan Widjarnako selaku ownwer Smart Office House Ciledug.

Dari pertemuan itulah kemudian berlanjut kerjasama mengangkat kopi Temanggung dengan membuka kedai kopi di Jakarta. “Dengan latar belakang mas Widjarnako yang merupakan seorang trainer, kami skarang menjadi partner bisnis di Jakarta,” ucapnya. Denny pun berharap Kopi Temanggung bisa lebih dikenal oleh owner cafe maupun kedai kopi di Jakarta khususnya. Selain itu harga kopi Temanggung dapat diterima di Jakarta dan sekitarnya.

Menurutnya, dengan mengikuti event nasional seperti ini maka kesempatan mencari langganan market yang lebih luas dan continue tentunya juga lebih mudah. “Pengunjung di sini umumnya adalah investor, baik domestik maupun mancanegara sehingga kesempatan bagi kopi Temanggung untuk diekspor juga ada,” kata Denny.

Ia pun menambahkan antusias para pengunjung pun juga sangat bagus, bahkan ada tamu dari negara swis menawarkan untuk menjadi suplier greanbean robusta 10 ton/tahun. “Ada juga pengusaha dari Minahasa utk coba cupping wine & honey arabica, kemarin juga ada dari arab minta sampel robusta utk di tes, semua blum deal namun sudah ada gambaran baik,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *