SEMARAKAN HUT TEMANGGUNG, PIKATAN WATERPARK GELAR FESTIVAL KUDA LUMPING

by -20 views

TEMANGGUNG – Dalam rangka menyemarakkan HUT Temanggung ke 184, PD. Bhumi Phala Wisata selaku pengelola objek wisata Pikatan Water Park menyelenggarkan event Festival Kuda Lumping tingkat Jateng dan DIY di kawasan Pikatan Waterpark, Minggu (2/12).

Direktur utama (Dirut) Pikatan Waterpark melalui Marketing Manager Trisman Dodi mengatakan, festival itu diikuti sedikitnya 18 kelompok seni kuda lumping dari berbagai daerah di wilayah Jawa Tengah (Jateng) dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yaitu Semarang, Bantul, Wonosobo dan Temanggung.

18 kelompok itu adalah Bangun Tresno dari Kranggan Temanggung, Sri Budoyo Madyo Utomo dari Kledung Temanggung, Sekar Melati dari Candiroto Temanggung, Turonggo Sejati dan Turonggo Krida Utama dari Bulu Temanggung, Dwi Hesti Manunggal serta Turonggo Bekso dari Jumo Temanggung, Turonggo Sinar Cahyo dari Kandangan Temanggung, Sanggar Giri Kedhaton dari Telaga Mulya Temanggung, Turonggo Krida Utama dari Ngadirejo Temanggung, Sanggar Setyo Langgeng Budoyo dan Kdira Budoyo dari Wonosobo, Langgeng Muda Sari dan Reog Sari Utomo serta Tri Manunggal Putra Bangkit dari Semarang, Puspo Warno dan Diponegaran Fkjb dari Bantul.

Event tersebut lanjut Dodi juga telah sukses digelar pada tahun sebelumnya. “Event kuda lumping ini merupakan kali kedua setelah sukses pada tahun lalu, pertama adalah tingkat kabupaten,” jelas Dodi. Dalam masalah penilaian, Panitiapun juga mendatangkan juri yang memang ahli di bidangnya yaitu dari Institut Seni Indonesia (ISI) dan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

Pemenang pada event festival kuda lumping itu mendapatkan trophy bergilir serta uang pembinaan. Dengan adanya event ini, seni luhur kuda lumping di Temanggung dapat tetap lestari dan semakin berkembang. Selain itu pihak manajemen Pikatan Water Park juga berharap dengan event-event yang diselenggarakan dapat menjadikan objek wisata andalan Temanggung itu makin dikenal oleh masyarakat luas.

Sebelumnya Pikatan Waterpark juga telah mengadakan event lomba tembang kenangan yang juga berlangsung meriah dengan jumlah 100 peserta. Bahkan juga diikuti peserta dari luar daerah. “Pesertanya ada yang dari Semarang, Magelang dan Wonosobo dan kepada pemenang kami berikan hadiah berupa thropy serta uang pembinaan,” ucap Dodi.

Lebih lanjut Dodi menjelaskan, event tersebut diselenggarakan bekerja sama dengan Kelompok olah vocal Kemuning
Temanggung didukung Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Temanggung. Melihat antusias penonton, lanjut Dodi panitia merencanakan event ini akan menjadi agenda tahunan dan akan diselenggarakan tiap tahun sekali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *