Demi Kesuksesan Pemilu 2019, Sosialisasi Gencar Dilakukan

by -33 views

WONOSOBOZONE – Untuk mewujudkan pemilu serentak 2019 berjalan aman dan lancar,  maka sosialisasi harus gencar dilakukan kepada seluruh masyarakat, dimulai dari Presiden hingga ke RT/RW di seluruh wilayah Indonesia.Bertempat di Gedung Adipura Kencana rabu (21/11) Pemerintah Kabupaten Wonosobo melalui Bagian Pemerintahan Setda gelar sosialisasi pemilu kepada Camat, Lurah, dan Kades se-Kabupaten Wonosobo. Karena Pemilu merupakan salah satu pilar demokrasi yang membutuhkan pengawalan khusus dari semua fihak untuk mewujudkan pemilu yang berkualitas. Upaya memperbaiki kualitas pelaksanaan pemilu merupakan bagian dari proses penguatan kehidupan demokrasi. Sesuai undang-undan no 7 tahun 2017 tentang pemilu harus dilaksanakan berdasarkan asas langsung, umum, bebas, rahasia jujur dan adil.Ada berbagai tantangan yang harus dihadapi.

Tantangan demokrasi melalui politik identitas, ujaran kebencian hingga kampanye hitam akan di hadapi di tahun 2019. Politiknidantitas berpusat pada politisasi identitas bersama atau perasaan “kekitaan” yang menjadi basis utama perekat kolektivitas kelompok. Isu-isu perbedaan identitas baik secara suku, ras, etnisitas, agama dan isu-isu serupa lainya. Selain itu, pelaksanaan pileg dan pilpres yang akan dilaksanakan secara serentak merupakan pertama kalinya sepanjang sejarah pelaksanaan pemilu di Indonesia, yang juga menjadi tantangan tersendiri. Propaganda politik dan kampanye hitam akan digunakan sebagai alat meraih kekuasaan. Dan juga sebagian kelompok menjadikan pesta demokrasi seperti sebagai lahan untuk meraup keuntungan. Sehingga akan membuat suhu politik semakin panas.Sementara itu Pemerintah Daerah wajib memberikan bantuan dan fasilitas untuk kelancaran penyelenggaraan pemilu (sesuai pasal 343 undang-undang no 7 tahun 2017).

Diperlukan persamaan dan pemahaman persepsi diantara pemangku kepentingan pemilu dalam upaya pencapaian tujuan pemilu yang lebih berkualitas dan demokratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *