Wonosobo Optimis Raih Anugrah Parahita Ekapraya Yang Keempat Kalinya Secara Beruntun

by -67 views

WONOSOBOZONE – Kabupaten Wonosobo optimis akan kembali meraih Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PP dan PA) di Tahun 2018. Hal tersebut disampaikan Plt Kepala Bappeda Kabupaten Wonosobo, Sumaedi usai menjalani verifikasi data APE 2018 di Gedung Bappeda Provinsi Jawa Tengah, Kamis (15/11/2018). “Yang menjadi faktor optimisme kami yakni pencapaian target indeks pembangunan gender (IPG) setiap tahunnya meningkat. Kita selalu melampaui target dari yang kita tetapkan,” ungkapnya. Sedangkan target IPG kali ini, Sumaedi mengaku pihaknya menargetkan 95,1 persen dapat terlampaui di tahun 2021.

Sumaedi yang juga bertindak sebagai Ketua Pokja Pengarus Utamaan Gender (PUG) membeberkan bahwa Anugerah APE sebelumnya pernah diraih Kabupaten Wonosobo selama 5 kali, yaitu pada Tahun 2007, 2010, 2013, 2014 dan 2016. “Dalam lima kali penghargaan itu, tiga kalinya Wonosobo meraih penghargaan secara berturut-turut di tahun 2013, 2014 dan 2016. Karena pada tahun 2014, APE ini dari sebelumnya diselenggarakan satu tahun sekali. Sekarang menjadi dua tahun sekali,” tambah Sumaedi.

Optimisme tersebut juga diungkapkan oleh Plt Kepala Dinas PPKBPPPA Kabupaten Wonosobo, Junaedi yang turut mendampingi proses verifikasi data APE di Semarang. Pria yang akrab dengan sebutan Jun itu mengatakan Pemkab Wonosobo berkomitmen mempercepat PUG ke seluruh sektor pembangunan. Hal tersebut, kata Jun, terbukti dengan adanya dukungan dari semua OPD terkait yang ada di Wonosobo untuk mewujudkan PUG. “Kami menyikapi momen penghargaan ini tidaklah hanya sekedar untuk diraih, melainkan lebih jauh lagi untuk dapat meningkatkan pembangunan PP dan PA sebagai mana yang tertuang di dalam Nawacita dan Trisakti Presiden yang menekankan negara hadir dalam setiap permasalahan rakyat,” tandas Jun.

Sementara koordinator tim verifikasi data APE dari Kementerian PP dan PA, Rini Sumarno mengatakan Wonosobo merupakan salah satu kabupaten yang lolos verifikasi secara online dari 24 kabupaten/kota se-Jawa Tengah dalam APE 2018. Usai melakukan verifikasi, Rini mengaku pihaknya dapat memperoleh informasi secara lengkap dan komprehensif tentang perkembangan PUG di Wonosobo. Data tersebut, lanjut Rini, sangat berharga baik bagi Kementerian PP dan PA maupun pemprov sebagai landasan membuat langkah strategis yang efektif dan efisien dalam mewujudkan pemerintahan yang adil dan merata baik bagi laki-laki maupun perempuan. “Data tersebut juga akan digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam menominasi calon penerima APE tahun ini,” kata Rini.

Namun Rini mengingatkan bahwa penghargaan bukanlah tujuan utama PUG. Karena menurut Rini akan jauh lebih penting jika pelaksanaan PUG dapat dirasakan oleh masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Rini mencontohkan bagaimana perencanaan pembangunan dalam menyediakan fasilitas untuk kaum difabel, lanjut usia, perempuan dan anak. Terlebih pada OPD yang berhubungan langsung dengan pelayanan publik. “Contoh sederhara itu benar-benar harus dipahami seluruh OPD agar evaluasi dan upaya mendorong program PUG dapat berjalan,” pungkas Rini. (Ham)

Rini Sumarno
Koordinator Tim Verifikasi, kementrian PPPA

Sumaedi, Ketua Pokja Pengarus Utamaan Gender (PUG) plt Kepala Bappeda Wonosobo

92,51 di tahun 2015, 95,1 indeks pembangunan gender di tahun 2021
Aplikasi 5 ng. Sobo Ngeman Wong Meteng.
Jateng Gayeng Nginceng Wong Meteng

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *