MUHAMMAD RAFI RAMADHANI, CIPTAKAN CHARGER SMARTPHONE DARI ENERGI MANUSIA

by -139 views

WONOSOBOZONE – Saat gadget seperti handphone atau smartphone merebak, stop kontak listrik jadi hal yang paling sering dicari untuk sekedar mengisi ulang baterai. Jika dalam perjalanan yang sulit akses listrik, orang biasanya mengandalkan powerbank. Namun powerbank memiliki batasan pemakaian, dan saat energinya habis, pengguna tak lagi bisa digunakan sebagai charger.

Muhammad Rafi Ramadhani, anak pertama dari Bapak Agus Budiyono dan Ibu Siti Marifatun asal Bumiroso Watumalang, meraih Juara I Nasional Young Inventors Award ke-II LIPI 2018. Anak pertama dari 4 bersaudara tersebut menciptakan alat yang digunakan untuk mengisi daya pada smartphone, bernama AYO OBAH.

Muhammad Rafi Ramadhani mengatakan, charger ini memanfaatkan energi kinetik manusia untuk menghasilkan energi listrik. Ketika baterai smartphone mulai kehabisan energi, segera genggam AYO OBAH lalu gerakan vertikal charger itu menggunakan tangan dan kaki, maka otomatis akan mengisi baterai. Setiap gerakan akan menghasilkan energi sebanyak 5 volt, dan dalam 24 jam menghasilkan energi 10.000 MAh.

Selain itu dirinya menyebutkan, untuk menciptakan alat tersebut tidaklah mudah. Sebelumnya ia telah melakukan puluhan kali percobaan dan beberapa mengalami kegagalan. Rafi menambahkan, ajang bergengsi tingkat nasional tersebut diikuti sekitar 3000 peserta. Ia juga sangat berterimakasih untuk pihak-pihak yang telah mensuport, dan ia akan terus berusaha di kejuaraan internasional untuk mewakili Indonesia. Rafi berharap dirinya dapat memotivasi generasi muda Indonesia, serta memberikan semangat untuk terus mengejar cita-cita. (RA) / @pesonafmwonosobo
.
.
#wonosobo
#pesoanafmwonosobo
#wonosobozone
#wonosobothesoulofjava

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *