Pameran Kesehatan, Aku Cinta Sehat

by -45 views

WONOSOBOZONE Dalam rangka Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 54, Pemerintah Kabupaten Wonosobo melalui Dinas Kesehatan gelar pameran Kesehatan dengan tema “Aku Cinta Sehat”. Kegiatan ini secara langsung dibuka oleh Bupati Wonosobo. Dan dijadwalkan akan dilaksanakan selama dua hari (30-31 Oktober) di Gedung Adipura Kencana.

Bupati Wonosobo Eko Purnomo menyatakan sangat apresiatif dan mendukung sepenuhnya, apalagi kegiatan ini merupakan kegiatan terbuka untuk umum sehingga dapat memberikan manfaat dan kebaikan bagi masyarakat Wonosobo.

Dengan momentum ini Bupati mengajak kepada masyarakat untuk meningkatkan kepedulian dan kesadaran tentang kesehatan. Memperingati Hari Kesehatan Nasional, berarti memikirkan kelangsungan hidup, serta kepedulian terhadap kesehatan tubuh. Pola hidup sehat, adalah hal yang sangat penting bagi keberlangsungan hidup generasi mendatang.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Wonosobo, Junaidi, mengatakan dalam pameran kesehatan tersebut mengangkat semangat kepada masyarakat dengan ayo hidup sehat dimulai dari diri masing-masing. Terkait hal itu kegiatan pameran Kesehatan ini dimaksudkan untuk mengkampanyekan gerakan masyarakat untuk hidup sehat.

Menurutnya ada beberapa langkah yang harus dilakukan masyarakat untuk mewujudkan hidup sehat tersebut, dimulai dari membiasakan diri beraktifitas fisik minimal 30 menit sehari, membiasakan makan buah dan sayur. Secara rutin melakukan tes kesehatan untuk mengetahui kondisi diri masing-masing sehingga bisa lakukan antisipasi apabila ada hal-hal yang mungkin diindikasikan timbulnya potensi suatu penyakit. Walaupun susah dilakukan, namun masyarakat yang punya kebiasaan merokok agar berusaha untuk enyahkan asap rokok. Selain itu harus membiasakan buang kotoran atau buang air besar di jamban yang ber-septic tank. Jika langkah ini dilakukan masyarakat bisa terhindar dari penyakit menular maupun tidak menular.

Sedikitnya 35 stand ditampilkan dalam pameran ini. Dengan berbagai macam layanan tersedia disana, diantaranya, pemeriksaan gratis, info kesehatan, cek kesehatan gratis, tensi, cek golongan darah, chek kadar gula, konsultasi gizi, timbang berat badan dan lain sebagainya.
Pameran diikuti seluruh instansi atau fasilitas pelayanan kesehatan yang ada di Kabupaten Wonosobo, baik pelayanan dasar maupun lanjutan atau rujukan. Diantaranya Puskesmas, Klinik, Rumah Sakit, Institusi kesehatan, BPJS , Optik, Organisasi Provesi dan Penyedia alat kesehatan serta Teuma Center. Yang masing-masing stand menampilkan pelayanan unggulan mereka. Selainitu juga dimeriahkan dengan lomba kreatifitas hand higiene.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *