Mengasah Kepekaan Sosial Mahasiswa Melalui Kegiatan Kepramukaan

by -48 views

WONOSOBOZONE – Sebagai mahkluk sosial, manusia tidak bisa hidup sendiri-sendiri membutuhkan peran orang lain. Dalam hidup bermasyarakat perlu adanya kepekaan sosial agar dapat memahami kondisi di sekitarnya.

Melalui kegiatan kepramukaan, Racana Jogonegoro UNSIQ mencoba untuk melatih hal tersebut terhadap para mahasiswa atau calon anggota racana. Dengan cara mengadakan kegiatan langsung di desa, sehingga mahasiswa dapat berinteraksi, bersosial dan belajar secara langsung di masyarakat.

Atas dilandasi karena kita adalah Makhluk sosial, kita berada di masyarkat maka output kelak setelah menempuh studi yaitu juga ke masyarakat maka dari itu Sebagai Anggota Pramuka sudah seharusnya melatih kepekaan, menumbuhkan semangat untuk menghasilkan inspirasi yang baru dan menanamkan rasa kepedulian dan tolong menolong kepada sesama sesuai Dasa Dharma Pramuka yang ke 5 yaitu ‘Rela Menolong Dan Tabah’.

Peserta di bagi menjadi beberapa kelompok dan menyebar mencari rumah warga yang menjadi sasaran Baksos, dengan cara mereka harus bertanya ke pada warga sekitar. Selain itu meraka melakukan kegiatan penerjuanan ke salah satu Sekolah Dasar untuk praktir mengajar. Setelah itu peserta mengadakan kegiatan sapu jagad atau membersihkan lingkungan desa sekitar yang telah digunakan saat kegiatan. Hal itu sebagai bentuk tanda terimakasih terhadap warga sekitar yang telah menyambut dengan baik.

“Semoga bisa meringankan sedikit beban mereka yang membutuhkan” tutur kak Purwatiningsih selaku pengurus YPIIQ dan sebagai Pembina Putri Racana. Menurutnya Bahan Baksos ini disediakan oleh lembaga YPIIQ UNSIQ dan bekerjasama dengan Racana Jogonegoro sebagai penyalur bantuan. Dengan maksud Yayasan dapat berperan dalam setiap kegiatan sosial dan sebagai bentuk kepedulian Yayasan terhadap masyarakat.

Bhakti sosial ini menjadi penutup rangkaian kegiatan Orientasi Pendidikan Kepramukaan Racana Jogonegoro UNSIQ tahun 2018. Acara yang berlangsung selama 3 hari di Desa Timbang Leksono telah resmi ditutup pada minggu (28/10).

Harapannya setelah melakukan kegiatan Baksos dapat menumbuhkan sikap dan kepekaan sosial dalam diri peserta OPK sebagai anggota Pramuka.

Cj :@sofiyanto99
@tiya.wn
@racanajogonegorounsiq
@unsiqmediacenter

#gerakanpramuka
#pramukaupdate
#kwardajateng
#aksipramukapeduli

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *