Kepramukaan Sebagai Wadah Pengembangan Soft Skill Mahasiswa

by -34 views

WONOSOBOZONE – Pembukaan kegiatan Orientasi Pendidikan Kepramukan (OPK) Racana Jogonegoro Universitas Sains Al-Qur’an yang bertempat di Aula Kelurahan Desa Timbang, Kecamatan Leksono pada hari jum’at (26/10) berjalan dengan lancar.

OPK kali ini mengusung tema “Pramuka Milenial Bijak Berteknologi Bakal Iswari Hutama” dengan harapan setiap anggota pramuka saat ini mampu bijak dan bisa mengoptimalkan penggunaan teknologi, supaya nantinya sebagai anggota pramuka siapa ditempatkan serta menyesuaikam dalam berbagai tantangan, kondisi dan tekanan zaman milenial saat ini.

Kegiatan yang dilaksanakan selama 3 hari, dimulai dari tanggal 26 oktober 2018 sampai 28 Oktober 2018 dan diikuti kurang lebih 60 calon anggota racana yang merupakan Mahasiswa baru dan mahasiswa semester 3 dari semua program studi dan dibuka oleh Ali Mutafi, Alh selaku Kabag Biro Kemahasiswaan serta jajaran pemerintah desa setempat.

“Belum puas kalau belum ikut pramuka” tutur ali mutafi saat sambutan acara tersebut. Menurutnya sebagai mahasiswa wajib untuk ikut organisasi yang ada di universitas salah satunya yaitu Unit Kegiatan Khusus (UKK) Racana Jogonegoro, agar nantinya mahasiswa dapat mengambil pembelajaran lebih selain di bangku perkuliahan serta dapat menerapkan nilai-nilai kedisiplinan dalam dunia akademisi.

Menurut Kak Tiya selaku Ketua Dewan Racana Putri, Kegiatan ini merupakan agenda rutin Racana Jogonegoro sebagai awal proses penerimaan anggota baru serta sebagai orientasi kepramukaan terhadap mahasiswa.

Nantinya peserta akan mengikuti beberapa agenda kegiatan mulai dari materi, penerjunan, bhakti sosial dan kegiatan lainnya. Harapanya setelah mengikuti kegiatan OPK peserta dapat mengenal gerakan pramuka di tingkat universitas dan melalui kegiatan ini mwnjadi salah satu bekal peserta ketika nantinya terjun menjadi pembina Gugus depan.

Cj : @sofiyanto99
@racanajogonegorounsiq
@kwarcabwonosobo

#gerakanpramuka
#kwardajateng
#pramukaupdate
#wonosobozone

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *