Festival Desa Wonosobo Bakal Digelar, Ada Apa Saja?

by -18 views

WONOSOBOZONE – Sebagai daerah yang telah berupaya melakukan inovasi tata kelola desa dengan menerapkan Kebijakan Open Data Keuangan Desa bagi seluruh desanya, Kabupaten Wonosobo ingin mengawali refleksi empat tahun implementasi Undang-Undang Desa ini dengan menggelar sebuah Festival Desa #Dari Desa Untuk Bangsa”.

Festival Desa adalah ruang untuk transfer informasi, inovasi, pengalaman dan pengetahuan tentang memajukan desa serta membangun interaksi antar pembangun kebijakan, pegiat desa dan warga desa se Nusantara. Acara ini akan berlangsung di Sasana Adipura Kencana, Wonosobo, Jawa Tengah selama 2 (dua) hari sejak 7 – 8 November 2018 dari pukul 09.00 s.d. 21.00 WIB.

*Dengan mengusung prinsip kearifan lokal dan budaya gotong royong yang merupakan jatidiri dari bangsa Indonesia,* acara festival desa ini menyajikan 12 ruang interaksi yang bisa dinikmati bersama. Mulai dari belajar dan tukar pengalaman soal praktik baik desa melalui Serial Diskusi dan Interaksi tentang Desa, Bursa Pengetahuan Desa dan Pasar Ide Inovasi Desa, juga membuka peluang untuk Kompetisi Foto Desa Bercerita, Kompetisi Praktik Baik Memajukan Desa, Kompetisi Menulis Surat Kepada Kepala Desa, sampai ke sampai ke menikmati ragam potensi desa dan budaya asli Wonosobo melalui acara DesaMarket, Ngopi nDeso, Gelar Kriya Desa dan Parade Kesenian Tradisional. Masyarakat juga dapat menikmati layanan publik dari berbagai instansi selama festival desa. Pada malam harinya festival desa akan ditutup dengan Malam Desa Award. Desa award merupakan ajang memberikan apresiasi atas kerja keras dan kreativitas yang dilakukan oleh pemerintah kecamatan, pemerintah desa dan insan pegiat desa.

Acara festival desa ini akan menghadirkan berbagai kawan diskusi dan interaksi dari Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Desa dan PDTT, Kementerian Keuangan, 4 (empat) desa percontohan nasional seperti Desa Pujon Kidul – Malang, Desa Gumelem Kulon – Banjarnegara, Desa Sukunan – Yogyakarta, Desa Tunjungtirto – Malang, berbagai lembaga pegiat desa seperti Infest Yogyakarta, SIGAB, Indonesia Corruption Watch, Forum BUMDesa Indonesia, Bambubos, Housing Resource Center, Pabuwon, HIPMI, LPTP dan 16 desa dengan inovasi unggulan di Wonosobo.

Festival desa ini dipersembahkan untuk mereka yang telah berjuang memajukan desa dan bagi mereka yang memiliki semangat menggelora menggerakkan warga desanya meraih sejahtera. Kami mengundang pembangun kebijakan, aparatur desa, lembaga pegiat desa dan warga desa se Indonesia untuk hadir pada acara festival desa ini. Mari bergerak, belajar, berkarya bersama membuktikan bahwa berkah Undang-Undang Desa mampu dikelola desa untuk kemajuan bangsa!

Informasi lebih lanjut mengenai acara ini dapat disimak di www.festivaldesa.com atau di instagram @bagianpemer.wonosobo.
.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *