Lomba PBB Tinggkat SMA se Kabupaten Wonosobo

by -27 views

WONOSOBOZONE – Dalam rangka memperingati HUT TNI Ke-73 Kodim 0707/Wonosobo mengadakan lomba PBB tingkat SMA sekabupaten Wonosobo yang dilaksanakan di halaman depan gedung Sasana Adipura. Lomba tersebut diikuti oleh 19 regu dari SMA/MA/SMK se Wonosobo. Setiap satu regu terdiri dari 18 peserta dengan lama waktu lomba selama 20 menit. (16/10)

Dalam sambutannya Kapten Chb Mariyanto menyampaikan bahwa mempersiapkan generasi yang tangguh untuk masa depan bangsa dan negara Indonesia adalah kewajiban kita semua. Generasi yang sehat jasmani dan rohani dengan kepribadian Pancasila itu harus dikerjakan bersama – sama dalam rangka persatuan dan kesatuan bangsa.

Menurut Kapten Chb Mariyanto, kegiatan lomba PBB dijadikan sebagai upaya menanamkan kedisiplinan bagi generasi muda. “Kegiatan ini juga untuk melatih diri sebagai pribadi disiplin yang punya kepekaan sosial yang tinggi. Melalui ajang ini diharapkan menjadi sarana kompetisi untuk menguji kedisiplinan, konsentrasi, kekompakan, kekuatan fisik dan mental,” ungkapnya.

Meski matahari telah menampakkan sinarnya sampai di pelupuk mata, namun tidak mengurangi semangatnya dalam memeriahkan peringatan HUT TNI ke-73. Meskipun belum diketahui pasti hadiah yang akan diterima, itu pun bila dapat meraih juara dalam perlombaan. Namun demikian, antusiasme dalam mengikuti pagelaran itu yang tidak ada kejenuhan ataupun lainnya menunjukkan kekesalannya.

Lebih lanjut Kapten Chb Mariyanto menyampaian bahwa kegiatan lomba bertujuan untuk membentuk karakter generasi muda yang disiplin, loyal, bertanggung jawab dan cinta tanah air. Dalam setiap pertandingan pasti ada yang menang ada juga yang kalah, jagalah sportivitas bertanding. Kedisiplinan akan menunjang keberhasilan seseorang, moment ini sangat tepat di laksanakan. Agar para siswa mempunyai jiwa disiplin, sikap yang tegap dan tegas. Untuk menjadi disiplin awal mulanya harus di paksa, jika sudah membudaya akan terasa malu jika tidak melakukan yang terbaik. Selain itu, kegiatan ini juga untuk meningkatkan tali silaturahmi sekolahan satu dengan yang lainnya, guna untuk mempererat persatuan dan kesatuan untuk saling mendukung.

Pelda Dahriyono selaku salah satu juri menyampaikan saat ini kemampuan PBB antar SMA sudah merata. Ini dibuktikan selisih nilai yang diperoleh sangatlah tipis, sehingga membuat juri ekstra hati-hati dalam penilaian untuk menentukan sebagai juara. Peserta yang menikuti cukup banyak sehingga pelaksanaan sampai sore.

Keluar sebagai juara I dan II adalah SMA N 1 Wonosobo, dan SMA N 2 Wonosobo sementara MAN 2 Wonosobo mendapatkan juara ke III. Sedangkan juara ke IV adalah SMK N 1 Wonosobo, dan juara ke V adalah SMK Takhasus Wonosobo. Para pemenang lomba telah melalui 6 unsur penilaian seperti : gerakan dasar di tempat, gerakan berjalan, gerakan perubahan arah, gerakan variasi, kerapian pakaian dan terakhir kedisiplinan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *