WAKIL BUPATI MINTA ASN OPTIMALKAN ZAKAT MELALUI BAZNAS

by -32 views

WONOSOBOZONE. Wakil Bupati Wonosobo Agus Subagiyo meminta kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkungan Pemerintah Kabupaten Wonosobo untuk berzakat melalui baznaz. Karena saat ini, baru duapuluh persen dari jumlah total ASN muslim yang sudah menyalurkan melalui baznas.
“Saat ini baru 20% ASN muslim yang berzakat melalui baznas, saya minta untuk dioptimalkan sampai 100%, ya paling tidak sampai angka 80% lah”, demikian pinta Wabup saat membuka sosialisasi Baznas di ruang rapat Mangoenkoesoemo Setda Senin (8/10).

Karena menurutnya terbentuknya baznas Kabupaten Wonosobo, merupakan wujud kepedulian pemerintah dalam ikut memberikan kontribusi terhadap pengelolaan zakat, agar lebih terorganisir dengan standar manajemen yang mengikuti perkembangan jaman. Dan selama ini telah menghimpun dan mengelola zakat dari ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Wonosobo, BUMD, dan institusi lainnya, dan didistribusikan atau ditasyarufkan oleh baznas, kepada mereka yang berhak menerima atau mustahiq, sesuai dengan ketentuan syariah islam.

Agus menambahkan keberadaan baznas dinilai merupakan salah satu pengejahwantahan dari konsep pembangunan sosial, dimana konsep ini merupakan bentuk evaluasi dan kritik, terhadap konsep pembangunan ekonomi yang hanya terfokus pada kemajuan ekonomi, dan tidak memperhatikan aspek sosial, dan bahkan menyisakan berbagai permasalahan sosial, terutama masalah kemiskinan. Pembangunan sosial pada dasarnya dilakukan untuk meningkatkan taraf hidup manusia melalui upaya-upaya untuk mengangkat manusia dari keterbelakangan menuju kesejahteraan.

Agus memberikan apresiasi yang mendalam, serta ucapan terima kasih kepada seluruh komponen yang terlibat dalam baznas. Melihat perkembangan baznas Kabupaten Wonosobo yang sudah mengalami perkembangan yang cukup baik dari tahun ke tahun. Oleh karena itu, dia meminta kepada segenap jajaran pengurus baznas, agar mampu menciptakan satu kondisi masyarakat Wonosobo, yang terpenuhi kebutuhan material, spiritual dan sosialnya, serta dapat hidup layak dan mampu mengembangkan diri, untuk dapat melaksanakan fungsi sosialnya dengan baik.

Hal senada disampaikan Penjabat Sekretaris Daerah M Zuhri. Dia sangat mendukung penyaluran zakat melalui badan amil dalam hal ini baznas, karena zakat merupakan kuajiban bagi umat Islam. Jadi ASN muslim yang salurkan zakatnya melalui baznas, selain dapat dimanfaatkan lebih optimal, juga dapat menghindarkan riya.

Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan penandatangan deklarasi Wonosobo Sadar Zakat, yang di tandatangani Anggota Forkopimda dan diikiti semua yang hadir di acara Sosialisasi tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *