Kwalitas Kopi Temanggung Diakui Dunia Internasional

by -123 views

TEMANGGUNGZONE – Sejak 8 tahun terakhir, kopi Temanggung telah mengalami banyak sekali perubahan. Kopi Temanggung telah mengalami banyak kemajuan pesat hingga sekarang menjadi kopi yang telah diakui tak hanya dilingkup nasional saja namun kealitas kopi Temanggung juga diakui oleh dunia Internasional.
.
Hal tersebut diungkapkan Ketua Asosiasi Kopi Temanggung (AKT), Ardhi Wiji Utomo saat ditemui dalam acara Festival Kopi Temanggung, 1 Oktober 2018.
.
“Dulu kopi Temanggung tidak dikenal, sekarang malah justru tidak hanya dikenal namun bisa menjadi yang favorit di Indonesia”, ucap Ardhi
.
Ardhi juga menggungkapkan, bahwa sebenarnya sudah sejak dulu, kopi Temanggung menjadi salah satu kopi yang memiliki kontribusi besar dalam ekspor kopi di Indonesia.
.
“Perlu diketahui bahwa 30% dari keseluruhan ekspor kopi dari pulau Jawa itu adalah berasal dari Temanggung”, jelas Ardhi
.
Untuk hal SDM di bidang kopi, Ardhipun mengakui perkembangan nya juga sangat signifikan dan masif, dari yang tadinya mayoritas hanya sebagai pengolah kopi mentah atau beras saja, kini sudah mulai banyak yang mengolah kopi menjadi kopi bubuk atau roasted bean.

Tak hanya itu, para peracik kopi atau biasa disebut dengan Barista juga saat ini sudah banyak lahir di Temangung. Ditahun 2016 Tercatat ada empat puluh pengusaha kopi olahan minuman. Jumlah tersebut terus meningkat ditahun selanjutnya, hingga ditahun 2018 ini sudah ada 120 pengusaha kopi olahan.
.
Seiring bertumbuh nya pula kopi – kopi di daerah lain, membuat Persaingan dalam dunia perkopian pun diakui Ardhi juga semakin ketat. Oleh sebab itu, menurutnya perlu adanya langkah dan upaya strategis untuk terus mempertahankan prestasi yang selama ini telah diraih dan juga meningkatkan kualitas produk.
.
“Kami bersama HIPMI (Himpunan Pengusaha Muda Indonesia) mengadakan festival kopi Temanggung rutin setiap tahunnya dan ini sudah tahun ke 4 kita melaksanakannya. Melalui event ini kita berharap kopi Temanggung lebih dikenal oleh masyarakat luas, mengingat geli”, tutur Ardhi.

Dalam event tersebut juga terdapat beberapa kompetisi sepertu uji citarasa, fun brewing, signature Coffee contest, dan kompetisi kopi lainnya yang diharapkan dengan kompetisi – kompetisi tersebut, kopi Temanggung bisa lebih berkualitas. Festival kopi Temanggung #4 telah berlangsung mulai tanggal 28 September hingga tanggal 1 Oktober di Gedung Pemuda Temanggung.
.
Sedikitnya ada 42 stan kopi dalam ajang tahunan itu, Festival juga jadi ajang pertemuan antara buyer pabrikan, eksportir kopi, kopi shop dan petani kopi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *