Desa Gesing Central Kopi Robusta Kwalitas Super

by -264 views

TEMANGGUNGZONE – Sebagai daerah yang menjadi penghasil kopi terbesar di Jawa Tengah, tentunya di Temanggung terdapat daerah – daerah yang memiliki potensi kopi. Seperti desa Gesing di wilayah Kecamatan Kandangan Kabupaten Temanggung.
Desa Gesing terletak sekitar 8 km dari Kota Temanggung ke utara. Desa gesing terdiri dari 8 Dusun yaitu Dusun Ploso, Dusun Patemon, Dusun Sarangan, Dusun Gesing, Dusun Maluwih, Dusun Giyaten, Dusun Delok, Dusun Sodong dan Paling Utara adalah Dusun Madureso.
.
Sebagai salah satu Desa penghasil kopi terbesar di Temanggung dengan jenis robusta. Desa Gesing memiliki perkebunan kopi robusta yang cukup luas dan produktif. Kualitas yang dimilikinya pun adalah kualitas super robusta, maka wajar saja bila kopi robusta dari desa gesing itu pernah mendapat juara 1 Robusta tingkat nasional pada ajang kontes kopi di Jakarta tahun 2017 lalu.
.
Menurut salah satu pelaku industri kopi di desa Gesing, Fendy, kualitas super tersebut didapat karena memang selain faktor tanahnya yang subur dan mendukung, para petani kopi di daerah tersebut juga sangat menjaga kualitas kopi nya.

“Kopi gesing itu terkenal enak karena petani daerah gesing panen kopinya dengan sistem petik merah bukan dengan petik rontok, jadi kualitasnya tetap terjaga,” ungkap Fendy saat dihubungi wartawan suara merdeka via telphone, 1 Oktober 2018.
.
“Dalam proses produksi pun, kami juga tetap menjaga kualitas yang bagus dengan menggunakan biji – biji kopi pilihan”, tambah Fandy

Selain kualitasnya yang super, kopi robusta desa Gesing juga memiliki rasa yang khas, yaitu manis seperti cokelat, aromanya pun nikmat membuat siapapun jadi terpikat. Fandy juga menjelaskan bahwa Kopi robusta Gesing memiliki aroma yang harum, bau khas yang tajam manis dan rasanya tidak terlalu pahit.
.
Senada dengan Fandy, Ketua Gapoktan (Gabungan Kelompok Tani) desa Gesing Triyanto, juga mengungkapkan bahwa desa Gesing memang memiliki alam yang mendukung untuk ditanami kopi robusta. Dan faktor tersebut juga didukung dengan pengolahan budidaya sserta paska panen yang baik.

Ia menambahkan, ada sedikitnya 20 kelompok tani di desa Gesing, namun tidak kesemuanya mengelola kopi, 3 diantaranya mengelola tanaman pangan seperti jagung, padi dan hoktikultura.
.
“jadi ada 17 kelompok tani yang fokus ke kopi, seperti kelompok tani ngudirejeki yang juga saya ketuai, meski begitu, ke 17 kelompok tersebut juga menanam tanaman lainnya namun hanya sebagai tanaman tumpang sari saja”, jelas Triyono saat ditemui di Lembaga Keuangan Mikro desa Gesing, 1 Oktober 2018.
.
Lembaga Keuangan Mikro (LKM) yang didirikan pada bulan November itu, menurut Triyono bertujuan untuk memberikan permodalan kepada para petani desa Gesing dengan syarat mudah dan bunga yang ringan.
.
“LKM ini merupakan tempat simpan pinjam para petani dan ini adalah milik Gapoktan”, ujar Triyono.

Triyono menambahkan, ada satu kelompok lagi di desa Gesing, yakni kelompok wanita tani (KWT) dengan nama Indah Mandiri. Mereka bergerak di bidang home industri dengan produknya criping dan pisang aroma.
.
Jadi, lanjut Triyono, bagi yang ingin berkunjung ke desa Gesing, tidak hanya dapat melihat secara langsung proses pengolahan kopi yang dikelola para kelompok tani, namun juga bisa menikmati kopi di Rumah kopi Gesing atau Java Temanggung Coffee yang juga berada di desa Gesing dengan ditemani camilan criping dan pisang aroma khas desa Gesing.
.
“Setelah melihat proses pemilihan biji, sortasi buah kopi basah, pengupasan kulit dan biji, pencucian biji yang masih diselimuti lendir, hingga pengeringan biji kopi yang dilakukan secara tradisional (dijemur) ataupun secara modern (mesin pengering), para pengunjung dapat menikmati secangkir kopi hangat ala desa Gesing sambil ditemani camilan hasil olahan KWT Indah Mandiri yang juga bisa dijadikan untuk buah tangan”, tutup Triyono.
.
Tak hanya kopi dan kuliner home industry, desa Gesing juga memiliki berbagai kesenian seperti kesenian kobro krido siswo, kuda lumping, wulan sunu, topeng ireng, rebana, angklung, band.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *