Pemkab Tambah Fasilitas Wi-Fi Gratis Untuk Pendaftaran CASN

by -49 views

WONOSOBOZONE – Munculnya keluhan terkait sulitnya akses pendaftaran online Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) di Kabupaten Wonosobo direspon cepat oleh Badan Kepegawaian Daerah dan Dinas Komunikasi dan Informatika. Melalui kerjasama kedua OPD tersebut, Pemkab akhirnya menambah fasilitas berupa akses wi-fi gratis yang khusus diperuntukkan bagi pendaftar CASN. “Lokasi pemasangan fasilitas tambahan di kantor Bappeda Kabupaten Wonosobo, sehingga bagi yang ingin memanfaatkan akses, dapat menggunakan laptop atau gadget nya di seputaran Bappeda atau Pendopo Kabupaten,” terang Wajiran, Kepala Seksi Jaringan Bidang Informatika Dinas Kominfo ketika ditemui di Bappeda, Kamis (4/10).

Menurutnya, kemampuan akses melalui fasilitas wi-fi tambahan yang baru saja dipasang pada Rabu (3/10) tersebut sudah memadai untuk pendaftaran CASN Online. Meski baru satu titik, kecepatan akses disebut Wajiran sudah mencapai 10 Mbps, sehingga para pendaftar diyakininya tidak akan mengalami kendala pada saat pengisian formulir maupun mengunggah berkas-berkas yang mesti dilampirkan. Namun demikian, ia juga menegaskan fasilitas wi-fi gratis tersebut benar-benar dikhususkan untuk akses ke sscn.bkn.go.id sebagai situs resmi pendaftaran CASN Nasional. “Untuk akses selain itu memang kami tidak membuka demi menjaga agar tidak lagi ada kendala terkait pendaftaran CASN di Kabupaten Wonosobo,” ungkapnya.

Sebelumnya, Kepala BKD Lutfi Amin mengakui hingga Hari ke-7 sejak dibuka pada 26 September silam, baru ada 53 pendaftar online yang mengajukan lamaran ke Kabupaten Wonosobo. Hal itu masih jauh dari jumlah formasi yang dibuka Pemkab yang mencapai 314 formasi mencakup 215 formasi guru, 32 formasi tenaga kesehatan, 20 formasi instruktur dan tenaga teknis, ditambah 47 Tenaga Honorer Kategori 2 (THK-II). “Banyak yang mengeluhkan kesulitas akses ke situs resmi BKN sehingga kami berupaya mengatasi dengan menambah fasilitas hotspot area ini,” tutur Lutfi.

Sementara untuk kendala berupa ketidaksesuaian antara NIK dan nomor Kartu Keluarga, Lutfi menerangkan hal itu dapat dikonfirmasi melalui situs resmi https://helpdesk.bkn.go.id/sscn. “Untuk diketahui pula, BKN telah mengirim surat edaran, yang menjelaskan perihal penambahan waktu pendaftaran, dari sebelumnya hanya sampai tanggal 10 Oktober 2018, diperpanjang hingga tanggal 15 Oktober 2018,” pungkas Lutfi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *