Gelar Diklat Jurnalistik, SMK 1 Muhammadiyah Proyeksikan Siswa Jadi Jurnalis

by -16 views

WONOSOBOZONE – Ekstrakurikuler Jurnalistik SMK Muhammadiyah 1 Wonosobo menggelar pendidikan dan diklat junalistik. Kegiatan itu diikuti sebanyak 100 siswa. Tema acara diklat adalah menjadi jurnalis pelajar muhammadiyah yang berkemajuan (28/09/2018).

Kepala SMK Muhammadiyah 1 Wonosobo, Ruwono sangat mengapresiasi dan mendukung acara diklat tersebut sebagai peningkatan kualitas siswa dalam bidang jurnalistik. Diklat yang dilakukan selama dua hari yang di mulai Jum,at (28/9/2018) dan selesai pada hari sabtu (29/9/2018). Acara di buka oleh Mahrub selaku Wakil Kepala Sekolah bidang kesiswaan.

Acara ini dengan mendatangkan 5 narasumber, dari berbagai aspek bidang jurnalistik Ibu Salamah penulis Buku, tim redaksi Wonosobozone sebagai pemateri dalam bidang peran serta media sosial dalam bidang jurnalistik, komunitas film Wonosobo (sinematografi), Wonosobo ekspres dalam bidang media cetak dan Agus Wuryanto dari HPPW dalam bidang fotografi.

Tri Prasojo selaku Pembina ekstra Jurnalistik menyampaikan acara Diklat ini bertujuan supaya para siswa ekskul Jurnalistik akan mendapat beberapa materi seperti menulis, dasar-dasar junalistik, teknik reportase, perfilman, wawancara, fotografi dan beberapa materi lainnya. Selain itu, para peserta juga diajak praktik menulis dan melakukan wawancara seperti menjadi layaknya seorang wartawan. Sehingga membuat suasana pelatihan mengasikan, dan para peserta dapat begitu antusias mengikuti kegiatan tersebut hingga selesai nantinya. “Pelatihan seperti ini sangat penting buat generasi muda supaya mereka memiliki semangat untuk menulis” terang Tri.

Selain itu, Ketua Ekskul Jurnalis sekaligus peserta diklat jurnalistik, Rizal Haris mengungkapkan kegembiraan atas Ilmua yang telah diterima dari berbagai narasumber hebat. “Kita sangat senang dan terbantu dengan kegiatan seperti ini,” ungkap Rizal Haris.

Sementara itu, Mahrub, Wakil Kepala sekolah Bidang Kesiswaan menjelaskan kegiatan ini sebagai bentuk tanggung jawab sekolah dalam dunia pendidikan serta dalam rangka memberikan pemahaman dan pengetahunan tentang ilmu dasar-dasar jurnalistik kepada pelajar.

Lebih lanjut, dengan kegiatan ini diharapkan akan menumbuhkan semangat pada jiwa para pelajar dalam mencintai dunia menulis.
.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *