Desa Kalimendong Maju Lomba LBS Tingkat Provinsi

by -76 views

WONOSOBOZONE. Desa Kalimendong Kecamatan Leksono maju ke tingkat Provinsi Jawa Tengah menjadi finalis dalam rangka Lomba Lingkungan Bersih dan Sehat (LBS).
Tim Penilai Lomba Lingkungan Bersih Sehat (LBS) tingkat Provinsi Jawa Tengah, di Ketuai Ibu Eli Sugardini dari Pokja IV Tim penggerak PKK Provinsi Jawa Tengah, Rabu (29/9) lakukan penilaian di Desa Kalimendong Kecamatan Leksono Kabupaten Wonosobo.

Tim yang berjumlah tujuh orang sebelumnya diterima Wakil Bupati Wonosobo Agus Subagiyo di ruang transit Setda. Dalam kesempatan tersebut, Wabup juga mendampingi ke lokasi Desa Kalimendong.

Dalam sambutannya Wabup menyampaikan terimakasih kepada Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Tengah, yang telah memberikan kepercayaan kepada Kabupaten Wonosobo, menjadi nominator terbaik sebagai pelaksana LBS tingkat Jawa Tengah pada tahun 2018.

Terciptanya masyarakat sehat dipengaruhi oleh kondisi lingkungan. Upaya mewujudkan lingkungan sehat tidak hanya menjadi tanggung jawab Pemerintah, tetapi juga swasta dan masyarakat, sehingga tanpa adanya kesepakatan dan komitmen bersama, mustahil kesehatan lingkungan dapat tercipta, mengingat jika lingkungan satu tidak terjaga kebersihannya, hal ini akan mempengaruhi buruknya kebersihan yang lainnya.

Ketua Tim penggerak PKK Kabupaten Wonosobo Fairuz Eko Purnomo mengatakan indikator dari LBS ada tiga poin yang perlu diperhatikan. Penggunaan air bersih, Saluran pembuangan air limbah, dan adanya jamban yang ber-septictank. Dari sosialisasi dan motivasi yang telah dilakukan, Desa Kalimendong berhasil menjadi Desa yang berprestasi dengan memperoleh predikat Desa bebas ODF dan PHBS sejak tahun lalu.

Selain itu Desa Kalimendong telah bisa menyelesaikan sampah sendiri tidak di buang di TPA namun dilakukan pengolahan sampah manndiri dengan membuat bank sampah dengan memilah sampah organik yang diolah menjadi kompos, dan sampah anorganik untuk di jadikan paving dan bahan bakar (dalam proses dirintis).
Sementara itu Kepala Desa Kalimendong Sugito mengaku sangat bangga karena menjadi nominator mewakili Kabupaten Wonosobo maju di tingkat Provinsi, yang juga merupakan sebuah tantangan tersendiri bagi Desanya. Berbagai persiapanpun telah dilakukan dengan bermodalkan prestasi dan potensi yang ada dan dimiliki Desanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *