Perangkat dan Admin Website Desa Se-Kertek Dilatih Creative Writing

by -66 views

WONOSOBOZONE – Tak kurang dari 20 admin pengelola website dan perangkat dari sejumlah desa di Kecamatan Kertek, Selasa (25/9) mengikuti pelatihan peningkatan kaspasitas sumber daya manusia bidang komunikasi dan informasi. Dua materi, meliputi teknik menulis kreatif (Creative Writing) dan teknik mengisi konten website diberikan oleh dua narasumber dari Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Wonosobo.

Kepala Sub Bagian Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN), Rusmiwatilah dalam penjelasannya seusai membuka pelatihan, mengungkap alasan diundangnya para perangkat beserta admin adalah demi meningkatkan pemahaman mereka akan pentingnya media website untuk menyampaikan berbagai informasi aktual di lingkup desa masing-masing. “Untuk sementara ini memang baru 9 desa di Kertek yang memiliki website, namun dengan adanya pelatihan ini, kami berharap nantinya seluruh desa akan dapat difasilitasi web sebagai media komunikasi dan informasi publik,” terang Rusmiwatilah.

Terbitnya Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik, disebut Rusmiwatilah juga menjadi salah satu dasar para perangkat harus lebih sadar perihal publikasi di media massa, termasuk melalui website desa. Karena itulah, ia mengaku sengaja mengundang sekaligus admin, agar ada kesepahaman yang sama antara pemangku kewenangan di pemerintahan desa dengan operator websitenya masing-masing. Setiap peserta pelatihan, diminta Rusmi agar sekembali ke desa segera menerapkan materi-materi yang diperoleh, yaitu membudayakan menulis berita dan konten-konten informatif lainnya untuk pemutakhiran konten webiste.

Harapan tersebut selaras dengan materi creative writing yang disampaikan oleh Danang Hari Purnomo, narasumber dari Dinas Kominfo Kabupaten Wonosobo. Kepada para peserta pelatihan, Danang menyebut menulis berita tidak sesulit yang banyak dibayangkan. “Kuncinya ada pada pembiasaan, dimulai dengan niat untuk menyampaikan informasi kepada publik sebagai bentuk pertanggungjawaban atau laporan sebagai pemangku kewenangan,” terangnya. Sejumlah teknik penulisan, mulai dari menulis artikel, pers rilis, hinggacaption foto dijelaskan Danang untuk memudahkan para perangkat maupun admin menuangkan ide menulisnya ke dalam bentuk berita yang informatif dan mudah dipahami publik.

Dinas Kominfo, ditekankan Danang siap menerima apabila para perangkat maupun admin desa menginginkan pendampingan, baik dalam hal penulisan berita untuk pemutakhiran website desa, maupun untuk dipublikasikan di media massa. Hal itu juga berlaku bagi yang menginginkan pelatihan lebih lanjut mengenai bagaimana teknik update konten website. Muhammad Miftahul Huda, narasumber teknik update konten website bahkan mengakui pihaknya sudah biasa menerima konsultasi dari desa-desa se-Wonosobo, baik langsung hadir di Diskominfo, maupun mengundang dengan surat resmi untuk memberikan pelatihan di desa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *