Band Asal Semarang jadi Jawara Festival Band Alunation 2018

by -116 views

WONOSOBOZONE – Ajang bermusik yang dihelat lewat lomba festival Band Alunation 2018 yang diselenggarakan kemarin (22/9) akhirnya memilih 3 band pemenang dari 19 peserta yang tidak hanya berasal dari Wonosobo, tapi juga dari luar kota yaitu Semarang, Temanggung dan Banjarnegara. Semuanya tampil maksimal dan berlomba-lomba memikat juri dengan menunjukkan performa terbaiknya demi meraih predikat 3 besar dengan hadiah total senilai Rp 2 juta.

Usai masing-masing kelompok band membawakan 2 (dua) buah lagu wajib dan pilihan, akhirnya para juri menentukan band Shakuntala sebagai juara 1 Alunation 2018. Band asal Semarang itu memperoleh skor tertinggi yaitu 1.571 , dalam tujuh kriteria penilaian yaitu : penguasaan panggung, penguasaan alat, penguasaan materi lagu, skill, kekompakan, moralitas, dan penilaian khusus. Sedangkan juara 2 disabet oleh band Alterego dengan nilai 1517 dan juara 3 yaitu Rocking Chairs band dengan nilai 1.479.

“Tiga besar kelompok band ini punya perbedaan nilai yang tipis, namun band Shakuntala yang lebih menonjol, terbukti dengan tingginya nilai di tiap juri, di semua kriteria.”, ucap Herry Pujianto, ketua Juri Lomba Band Alunation 2018.

Juri lain, Chandra, berharap agar acara festival band Alunation 2018 ini bisa rutin dilakukan setahun sekali. Terbukti dengan peserta yang juga berasal dari luar kota, ajang festival atau lomba band sejenis ini masih sangat banyak peminatnya, terutama bagi anak-anak muda yang butuh tempat aktualisasi diri di bidang musik. Salut juga untuk panitia yang sukses menyelenggarakan acara ini, bahkan acara inipun dilaksanakan di kecamatan Selomerto, bukan di pusat kota, untuk memecah keramaian.

Salah satu peserta, Febri, mengungkapkan bahwa acara ini sangat bagus, sebagai ajang untuk mengembangkan potensi bagi anak anak atau pemuda di Wonosobo untuk berkreasi. Usulan kedepannya acara ini dilaksanakan setiap tahunnya, supaya musik di Wonosobo bisa selalu berkembang. Semoga bisa juga untuk mengundang musisi band terkenal untuk motivasi.

Warga sekitar, Slamet , juga mengapresiasi acara ini yang dianggap jadi salah satu ajang persaingan sehat dan jadi wadah untuk mengekspresikan jiwa anak muda. Semoga tahun depan bisa diadakan kembali dan lebih meriah, mungkin dengan tambahan stand kuliner dan lainnya yang lebih beragam.

Ketua panitia, Kaka Cahea optimis bahwa Alunation 2019 akan digelar dengan lingkup yang lebih luas dan akan semakin meriah penyelenggaraannya. Belasan tahun yang lalu, acara serupa pernah rutin diadakan di Selomerto, tapi kemudian gaungnya hilang. Event yang juga merupakan peringatan HUT Aluna Music Studio ini juga diharapkan bisa jadi kebangkitan lomba dan festival band di Wonosobo.

Penyerahan hadiah dilakukan di penghujung acara setelah ada dua band guest star tampil yaitu band Line 6 dan band Senyawa. Selain juara 1,2 dan 3 juga ada penghargaan untuk Kenla Cessa – Earspells sebagai Vocalist terbaik , Errivo – Shakuntala sebagai Guitarist terbaik, Abdulloh – Earspells sebagai Bassist terbaik, Navarro – Shakuntala sebagai Keyboardist terbaik dan Rizal – Alterego sebagai Drummer terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *