Dandim 0707 Sumbang Sapi dan Kambing di Hari raya Idul Adha

by -16 views

WONOSOBOZONE – Komandan Kodim 0707 Letkol Czi Fauzan Fadli, S.E menyumbang, satu ekor sapi kurban dan satu ekor kambing di Hari Raya Idul Adha tahun 1439 Hijriah. Hewan kurban tersebut diserahkan langsung oleh Dandim kepada Kadus Kuwu’an Mangunrejo Bapak Niti Raharjo dan penyerahan hewan qurban didampingi oleh Ibu Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XXIV Kodim 0707 Wonosobo Ny Ade Fauzan, di Masjid At-Taqwa Kuwukan.(22/08)

“Sebagai umat manusia hendaknya kita memaknai lebih jauh Hari Raya Idul Adha. Kita yang hidup di dunia ini merupakan ciptaan Tuhan yang Maha Esa. Oleh karena itu, di momen ini mari kita saling tolong-menolong, saling berbagi, saling toleransi dalam hidup bersosial,” pesan Dandim.

Letkol Czi Fauzan Fadli, S.E menjelaskan, pada prinsipnya Idul Adha/qurban memiliki dua makna yang berkaitan. Pertama, arti qurban yaitu dekat. Arti tersebut diambil dari bahasa Arab yanki ‘Qarib’. Pandangan umumnya bahwa qurban adalah upaya untuk mendekatkan diri kepada Allah.

Kedua arti qurban adalah udhhiyah atau bisa dikatakan dhahiyyah yang artinya hewan sembelihan. Tradisi itu sebagaimana lazim dilakukan umat muslim di dunia menyembelih hewan dengan cara berkurban atau mengorbankan hewan yang menjadi sebagian hartanya untuk kegiatan sosial.

“Dari tradisi ini memiliki dua dimensi. Yang pertama, makna qurban memiliki dimensi ibadah-spiritual. Dan yang kedua, makna qurban punya dimensi sosial. Dua dimensi ini untuk mendekatkan kita kepada Allah SWT. Namun semua itu harus dilandasi dengan ketaatan dan keikhlasan kita,” imbuhnya.

Kadus Kuwu’an Bapak Niti Harsono sangat berterimnakasih kepada Dandim 0707 yang telah memberian hewan kurban di kampungnya,semoga menjadi amal ibadah yang berkah dan di zridhoi oleh Allah SWT, kadus juga mengapresiasi positif dalam membangun pondasi iman lewat berqurban dan otomatis naik turunnya jumlah paket daging qurban tergantung dari kesadaran itu sendiri.

“Hari Raya Idul Adha sangat identik dengan berbagi atas sesama, khususnya kepada warga sekitar maupun mereka yang membutuhkan, termasuk yang dilakukan hari ini,” ujar Kadus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *