Lomba Tari Lengger Semarakan Agustusan

by -29 views

WONOSOBOZONE – Indonesia, adalah negeri yang sangat kaya akan budaya. Jika kita berbicara tentang budaya yang ada di Indonesia, tentu seakan tidak ada habisnya. Namun, ada beberapa budaya Indonesia yang kian semakin ditinggalkan generasi generasi muda. Salah satunya adalah Tari Lengger.

Tari Lengger merupakan perpaduan diantara budaya Hindu dan Budha yang diakulturasikan dengan Agama Islam oleh Sunan Kalijaga pada zamanya sebagai daya tarik manusia untuk masuk agama islam.

Dalam pengertian sederhana Tari Lengger berasal dari kata “elinga ngger”. Yang artinya ingatlah nak. Lengger tersebut bermakna petuah atau nasehat agar kita selalu ingat kepada Tuhan yang Maha Esa.

Selain itu, ada juga yang mengartikan bahwa Lengger berasal dari kata Langgar atau Musholla. Upaya yang dilakukan Sunan Kalijaga untuk menarik minat orang-orang agar mau datang dan mengaji di Langgar adalah dengan cara menggelar kesenian tari di sekitar Langgar. Maka dari itu, kesenian tari tersebut dinamakan Lengger.

Dalam setiap pementasanya, setelah penari menarikan tariannya beberapa saat, seringkali muncul penari pria. Penari pria tersebut muncul sebagai pasangan dari penari perempuan, yang seringkali menandakan klimaks pentas Lengger tersebut.

Pada kesempatan ini, guna memeriahkan hari ulang tahun kemerdekaan Indonesia (HUT RI) yang ke 73 sekaligus dalam rangka mengenalkan dan melestarikan budaya Nusantara, warga masyarakat Dusun Gedhegan menggelar lomba pentas Tari Lengger, kamis (16/08) di Gedhegan.

Menurut Prasetyo, Kepala Dusun Gedegan perlombaan ini adalah untuk yang pertamakalinya di adakan. “Lomba lengger ini adalah selain mengenalkan budaya tari lengger kepada generasi muda, juga menjadi lomba yang pertama kali diadakan, alhmdulillah antusiasnya sangat luar biasa, mereka terus berlatih siang dan malam meski hanya melihat di vcd” ujarnya

Adapun peserta lomba terdiri mulai dari anak-anak SD, Remaja sampai orang tua yang tergabung dalam perwakilan RT masing masing. (Ahmad Taqwin, Mahasiswa semester 5 KPI Fak. Komsospol UNSIQ)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *