Rayakan Kemerdekaan, Suasana Malam Kampung Singkir Tampak Gemerlap

by -32 views

WONOSOBOZONE – Momentum peringatan HUT RI Ke 73 dimanfaatkan oleh warga masyarakat Kampung Singkir Kel. Jaraksari Kecamatan Wonosobo untuk mengadakan lomba kebersihan antar RT. Hal tersebut tentunya langsung disambut dengan antusias oleh segenap warga masyarakat Kampung Singkir dengan gagap gempita untuk berlomba-lomba mempercantik wilayah RTnya masing-masing. Setiap sudut wilayah Kampung baik jalan utama maupun lorong-lorong rumah warga tampak begitu gemerlap oleh hiasan lampu berwarna yang kerlap-kerlip, lampion yang megah, serta kreativitas lukisan berbagai tema tentang kemerdekaan baik yang ada ditembok-tembok rumah warga maupun dijalanan. Sehingga suasana malam dan siang hari di Kampung Singkir nampak begitu megah.

Ketua panitia HUT RI Ke 73 Kampung Singkir yaitu Wahyu Tri Atmojo menjelaskan, tujuan mengadakan lomba kebersihan antar RT dimaksudkan agar warga masyarakat menyadari pentingnya menjaga kebersihan terutama di wilayah Kampung Singkir, sehingga warga bisa semakin nyaman tinggal diwilayah Kampung yang notabenya tidak jauh dari pusat kota Wonosobo itu. Selain itu juga, Pria yang akrab dengan sebutan Tri itu mengatakan sejak kurang dari satu bulan yang lalu warga sudah mulai menghias RTnya masing-masing dengan kegiatan gotong royong. Menurut Tri, meski tujuan utamanya adalah untuk memenangkan perlombaan kebersihan antar RT, esensinya yang menjadi proyeksi kegiatan adalah menyengkuyungkan seluruh komponen warga Masyarakat agar terlihat semakin gayeng dan rukun. “Ini terlihat dari ego masing-masing RT yang tidak mau RT diwilayahnya kalah bagus dari RT yang lainya, semua bekerja mempercantik wilayah RT masing-masing dengan berbagai cara,” terang pria bungsu dari tiga bersaudara itu.

Hal senada juga diungkapkan oleh Hanifan yang merupakan salah satu Ketua RT di wilayah Kampung Singkir. Hanifan menjelaskan pihaknya bersama warga menggalang iuran bagi setiap Kepala Keluarga untuk biaya keperluan mempercantik RT di wilayahnya. Selain dari iuran warga, Hanifan juga mengumpulkan barang-barang bekas yang bisa didaur ulang untuk dibuat karya berupa hiasan berbentuk lampu.

Gemerlapnya malam do Kampung Singkir juga mendapat apresiasi penuh dari Kepala Kelurahan Jaraksari Akhmad Nuri Utomo. Nuri yang turun langsung memimpin tim penilai lomba merasa kagum saat melihat gemerlap penuh warna-warni di Wilayah Kampung yang juga dipimpinya. Nuri berharap, agar kegiatan semacam ini terus berlanjut dan semakin baik di tahun-tahun yang akan datang. “Sehingga kedapan bisa menjadi percontohan bagi Kelurahan/Desa yang lain agar termotivasi untuk melakukan hal yang sama pada saat perayaan HUT RI,” pungkas Nuri. (Ard)
.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *