Pramuka Garda Terdepan Perekat Persatuan dan Kesatuan Bangsa

by -47 views

WONOSOBOZONE – Bupati Wonosobo, Eko Purnomo bertindak sebagai Pembina Upacara dalam Apel Besar Hari Pramuka ke 57 sekaligus Penutupan Perkemahan Bhakti dan Giat Prestasi Satuan Komunitas Pramuka Ma’arif NU (Perbhasama) di Bumi Perkemahan Cindai Mas Wadaslintang, Selasa14 Agustus 2018.

Selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab) Wonosobo, dihadapan lebih dari dua ribu duaratus peserta upacara Kak Eko membacakan sambutan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Paramuka mengatakan, Pramuka merupakan garda terdepan perekat persatuan dan kesatuan bangsa. Pendidikan kepramukaan yang mendasarkan pada Satya dan Dharma Pramuka harus benar-benar tertanam dalam hati setiap insan Pramuka sebagai pedoman bersikap dan berprilaku.
Kak Eko menegaskan, di masa milenial saat ini peran Gerakan Pramuka terhadap kaum muda harus benar-benar nyata dalam mendidik dan mewujudkan karakter kaum muda yang handal dan cakap. “Gerakan Pramuka sebagai wadah pendidikan karakter kaum muda dan calon pemimpin masa depan Bangsa Indonesia, tentu harus lebih berperan dalam mendidik generasi milineal dewasa ini”, katanya.

Pramuka hendaknya dapat mengikuti perkembangan zaman dan tidak terkesan kuno dalam era komunikasi digital dewasa ini. Pramuka harus dapat menangkap fenomena ini dalam era kebebasan berkomunikasi. Namun juga harus pandai-pandai mensikapai perkembangan dan kemajuan teknologi komunikasi saat ini.
“Sebagian besar adik-adik kita merupakan generasi cyber yang online setiap saat yang selalu update statusnya dan mengungkapkan kondisi secara realtime dalam media sosial”.

Pramuka Baru harus keren, gembira, asyik, dan menyenangkan. Tantangan bagi para Pembina Pramuka yang harus selalu kreatif dan berinovasi dalam membina peserta didik sehingga bangga menjadi Pramuka. Begitu pula para Pelatih harus belajar terus menerus untuk dapat mengembangkan dan menerapkan teknologi pendidikan yang up to date tanpa melupakan prinsip dasar dan metode kepramukaan bagi para Pembina Pramuka.
Kak Eko mengajak seluruh Kakak-kakak Pembina Pramuka di Wonosobo untuk tetap konsisten dan fokus dalam membangun manusia yang memiliki karakter, serta watak yang kuat, bukan hanya membangun manusia atau pemuda cerdas yang menguasai ilmu pengetahuan saja, akan tetapi juga pemuda yang tangguh kepribadiannya, luhur budi pekertinya, menjunjung kesatuan dan persatuan Indonesia demi utuhnya NKRI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *