Program PJAS Untuk Sekolah Sehat

by -16 views

WONOSOBOZONE – Program Kemanan Pangan Jajan Anak Sekolah (PJAS) sangat bermanfaat bagi kesehatan sekolah. Dan memiliki kontribusi nyata bagi terciptanya sekolah sehat. Diharap dengan adanya sekolah sehat , siswa sebagai peserta didik akan sehat yang akan menunjang keberhasilan peserta didik, keberhasilan ini akan mendukung kemajuan Kabupaten Wonosobo dimasa yang akan datang. Demikian ungkap Pembina Sekolah untuk Program PJAS Sigit Sukarsana saat menghadiri Bimtek PJAS di Hotel Kresna baru-baru ini.

Bimtek yang diprakarsai Dinas Kesehatan dan BPOM Jateng ini, mengundang 30 Sekolah yang berasal dari kalangan SD, SMP dan SMA sederajat. Peserta bimtek yang terlibat berjumlah 79 orang yang berasal dari komunitas Sekolah (Kepala Sekolah/Guru UKS, dan pengelola kantin) di 29 Sekolah, pelaksana tugas kesling di 17 Puskesmas di Kabupaten Wonosobo, Dinas Pendidikan, Kemenag dan Bappeda.

Bimtek tersebut bertujuan untuk menumbuhkan komitmen dan meningkatkan koordinasi secara sinergis dan kontinue dengan Pemerintah Daerah dan lintas sektor/Instansi di Kabupaten Wonosobo dalam meningkatkan keamanan PJAS. Serta memberdayakan dan mendorong kemandirian komunitas sekolah dalam penyediaan PJAS yang aman, bermutu, dan bergizi.

BPOM Provinsi Jateng sebagai nara sumber memaparkan materi diantaranya, Proyek Prioritas Nasional Peningkatan Konsumsi Pangan Sehat, Intervensi Keamanan Pangan Jajanan Anak Sekolah (PJAS) TAHUN 2018. Manajemen Keamanan PJAS di Sekolah. Keamanan Pangan Jajanan Anak Sekolah. Persyaratan dan prosedur untuk kantin sekolah menuju laik sehat. Bahan Edukasi Keamanan Pangan dan Penjelasan kegiatan Monev, serta Gerakan Nasional Peduli Obat dan Pangan Aman.

Output bimtek ini bisa tersosialisasinya program Keamanan PJAS untuk diimplementasikan di sekolah masing-masing sebagai bentuk pemberdayaan kepada komunitas sekolah. Para peserta diharapkan dapat mensosialisasikan dan mengembangkan kembali program keamanan pangan di sekolah masing-masing. Guru yang ikut dalam Bimtek diharapkan menjadi Fasilitator Keamanan Pangan Sekolah.

Pemda wonosobo dalam hal ini diwakili Disdik dan Dinkes sangat mendukung program PJAS untuk menciptakan kantin sekolah laik sehat untuk menuju bintang piagam keamanan kantin sekolah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *