Carica Jadi Kebanggaan Warga Wonosobo

by -66 views

WONOSOBOZONE – Carica adalah salah satu produk unggulan yang menjadi kebanggaan Kabupaten Wonosobo. Disamping carica tidak bisa tumbuh di setiap tempat, carica juga mempunyai cita rasa yang sangat khas, yang membuat Carica selalu dicari oleh setiap wisatawan yang berkunjung ke Wonosobo, sebagai salah satu souvenir atau oleh-oleh makanan. Sehingga disamping menjadi kebanggaan Wonosobo, juga terkandung tanggung jawab dari semua pihak untuk melestarikannya.

Sudah sewajarnya kalau semua warga Wonosobo bangga dan harus bersyukur atas karunia Allah tersebut. Carica menjadi sangat istimewa, karena telah mendapatkan Sertifikat Indikasi-Geografis dari Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia. Demikian disampaikan Bupati Wonosobo, Eko Purnomo pada gelaran Carica Day di Taman Fatmawati Kalierang Wonosobo, Senin 30 Juli.

Eko menegaskan, wujud nyata dari rasa bangga, syukur dan tanggung jawab tersebut, tentunya harus dibarengi dengan berjuang sekuat tenaga, agar produksi Carica selalu berkembang dari waktu ke waktu. Baik itu kualitas, kuantitas maupun kontinuitasnya, sehingga dapat menjangkau pasaran yang lebih luas, tidak hanya di Jawa Tengah atau Nasional. Bahkan kita punya cita-cita, agar Carica Wonosobo dapat menembus pasar luar negeri.

Carica Day merupakan event promosi, yang difasilitasi Pemerintah Kabupaten Wonosobo, yang dimaksudkan sebagai ajang promosi dan pemasaran Carica dan produk-produk unggulan Wonosobo.

Melalui ajang semacam ini, diharapkan agar semakin banyak pihak yang tertarik untuk ikut mengembangkan carica, baik dalam bentuk kerjasama kemitraan dengan pihak petani dan produsen pengolah carica, maupun dalam bentuk penanaman investasi.

“Melalui Carica Day 2018 ini, saya mengajak semua masyarakat Wonosobo dan para pihak terkait untuk gemar makan dan minum carica, agar produksi carica semakin berkembang dan terkenal sampai ke dunia luar. Dengan berkembangnya carica, kita semua yakin, akan memberikan dampak positif bagi bergeraknya roda perekonomian masyarakat, yang pada akhirnya dapat ikut mendukung upaya pengentasan kemiskinan di Kabupaten Wonosobo tercinta ini”, ajak Bupati.

Sementara rangkaian Event Carica Day sendiri dihadiri semua anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) beserta Isteri dan Kepala Organisasi Pimpinan Daerah (OPD) dan jajaran Pemerintah Kabupaten. Acara tersebut diawali dengan jalan sehat dan dilanjutkan dengan makan dam minum carica bersama, sejumlah 5000 kap. Disana juga ada stand yang menampilkan potensi yang ada di Kabupaten Wonosobo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *