Kirab 193 Obor Sambut #HariJadiWonosobo193

by -71 views

WONOSOBOZONE – Malam ini (23 Juli 2018) jantung kota Wonosobo ada yang beda, suasana kota gelap gulita dan sepi, ada apa..? Malam ini adalah malam kelahiran Kabupaten Wonosobo, untuk pertama kalinya acara Bedhol Kedhaton dilaksanakan saat Hari Jadi Wonosobo.
.
Acara ini merupakan lanjutan dari rangkaian ziarah di makam Ki Ageng Wonosobo tadi siang di Desa Plobangan Selomerto ( Pusat Kabupaten Wonosobo sebelum dipindah di Kota Wonosobo saat ini ).
.
Saat Ziarah, Air Tuk dan Tanah di Sekitar makam Ki Ageng Wonosobo diambil dan disemayamkan di Sanggar Kesenian Desa Plobangan sebelum dikirabkan menuju Pendopo Kabupaten Wonosobo.
.
Setelah Maghrib air dan tanah yang sudah disemayamkan beserta pusaka Tombak Katentreman dan Songsong Agung dibawa dan dikirab oleh Kades beserta segenap perangkat dan masyarakat Desa Plobangan dari Sanggar Kesenian menuju Taman Plasa.
.
Dari Taman Plasa menuju Pendopo Kabupaten kembali dikirabkan dengan berjalan kaki topo mbisu acecolok obor. Air, tanah dan pusaka Bedhol Kedhaton tersebut kemudian diserahkan ke Bupati Wonosobo di Pendopo Kabupaten sekitar Pukul 21.00 untuk kemudian dilakukan pencampuran air dari 7 sumber dan doa bersama lintas agama. Selanjutnya akan dilanjutkan Prosesi Birat Sengkala di Paseban Timur Alun-Alun tengah malam.
.
Prosesi Ritual Birat Sengkala ini merupakan ritual doa secara tradisional yang dilaksanakan oleh sesepuh adat yang dilaksanakan tepat jam 00.00.

Isi doa Birat Sengkala yang dipanjatkan agar rakyat Wonosobo dibawah pemerintahan sekarang ini diberi kekuatan dan dikarunai keselamatan, kedamaian, ketentraman dan kesejahteraan.
.
Pagi ini, 24 Juli 2018 diadakan prosesi inti Hari jadi Wonosobo. Boyong Kedhaton, Pengembalian Panji-Panji, Pisowanan Agung, dan juga Kembul Bujono di Alun-alun.

Setelah rangkaian acara inti selesai, digelar Pentas 5000 Penari Lengger, yang akan memecahkan Rekor MURI. Oiya, akan di-Launching juga City Branding untuk Wonosobo.
. .

Foto: @boneaapita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *