Pembentukan OPZ Segera Dibentuk Guna Optimalisasi Tugas Baznas

by -12 views

WONOSOBOZONE – Bupati Eko Purnomo lantik Ketua dan Wakil Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Wonosobo periode 2018-2022. Bertempat di Pendopo Bupati Senin (16/07) siang.

Supomo Ibnu Sahid terpilih menjadi Kertua menggatikan Syarif Hidayat, yang mengundurkan diri beberapa waktu yang lalu. Sementara Soeparyo dilantik menjadi Wakil Ketua III (Bidang Perencanaan Keuangan dan Pelaporan).

Dalam sambutanya Supomo menegaskan, bersama pengurus yang lain akan segera melakukan sosialisasi ke Dinas dan Instansi terkait dalam rangka pembentukan Unit Pelaksana Zakat (OPZ) sehingga tugas Baznas kedepanya lebih terkoordinasi optimal dan lebih berdayaguna. Guna mendapatkan hasil yang ideal. “Jika sudah tertata dengan optimal maka memungkinkan mendapatkan perolehan yang ideal,” katanya.

Supomo mengatakan, dari perolehan tersebut akan digunakan untuk membantu kegiatan dan program pemerintah. Pengentasan kemiskinan, penanganan bencana alam, serta hal lain yang perlu ditangani. “Untuk mencover kegiatan pemerintah, antara lain pengentasan kemiskinan, bencana alam serta hal-hal lainya yang harus di tangani yang diperbolehkan secara sar’i menggunakan dana zajkat tersebut,” lanjutnya.

Sementara itu Bupati Wonosobo dalam sambutanya mengatakan bahwa terbentuknya BAZNAS Kabupaten Wonosobo, merupakan wujud kepedulian pemerintah, dalam ikut memberikan kontribusi terhadap pengelolaan zakat, agar lebih terorganisir dengan standar manajemen yang mengikuti perkembangan jaman. Seperti yang telah dilakukan selama ini dengan menghimpun dan mengelola zakat dari ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Wonosobo, BUMD, dan institusi lainnya.

Zakat tersebut didistribusikan atau ditasyarufkan oleh BAZNAS, kepada mereka yang berhak menerima atau mustahiq, sesuai dengan ketentuan Syariah Islam Serta untuk pembangunan sosial, yaitu untuk meningkatkan taraf hidup manusia melalui upaya-upaya untuk mengangkat manusia dari keterbelakangan menuju kesejahteraan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *