35 Perangkat Desa Dilatih Tata Kelola Arsip

by -19 views

WONOSOBOZONE – Pengelolaan dokumen penting desa yang selayaknya diarsipkan dengan baik sejauh ini masih belum terwujud dengan ideal. Padahal, seiring semakin majunya jaman kebutuhan terhadap manajemen arsip yang baik menjadi salah satu kepentingan utama bagi pemerintahan desa. Mengingat hal itulah, Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Wonosobo mengundang 35 perangkat desa dari 15 wilayah untuk mengikuti bimbingan teknis kearsipan pada Rabu (4/7). Kepala Dinas Arpusda, Eko Yuwono menyebut pihaknya prihatin dengan kondisi tata kelola arsip di desa, karena selama ini cukup banyak kasus yang muncul akibat kelalaian terhadap pengarsipan dokumen-dokumen penting di lingkup pemerintahan desa.

“Pelatihan yang akan dilaksanakan selama dua hari ini kami tujukan agar kedepan tata kelola arsip di Desa semakin baik, dan tidak memunculkan persoalan akibat kelalaian manajemen arsip,” tutur Eko. Para perangkat yang diundang untuk mengikuti Bimtek, menurut Eko sebagian besar merupakan Sekretaris Desa (Sekdes), khususnya yang belum lama ini dilantik. Dari pelatihan tersebut, para peserta diharapkan dapat mengaplikasikan ilmu yang diperoleh dari para instruktur, serta menularkannya kepada para perangkat lain, agar nantinya mereka juga semakin sadar dengan pentingnya arsip bagi pelayanan masyarakat. Sejumlah dokumen pemerintah desa seperti dokumen-dokumen kependudukan dan surat surat tanah yang biasa nya kurang mendapat perhatian untuk diarsipkan secara baik, setelah pelatihan menurut Eko, sudah saatnya mendapat tempat yang layak agar tidak mudah rusak maupun hilang.

Kepada para peserta, Eko juga menuturkan pihaknya menyediakan instruktur kompeten dari Dinas Arpusda Provinsi Jawa Tengah untuk memberikam materi-materi terkait pelatihan arsip. “Para instruktur selain memberikan materi teori juga akan mengajak peserta untuk berlatih secara langsung mengarsipkan dokumen-dokumen secara lebih baik dan proporsional,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *